Komisi l DPR: Transformasi Digital Terkendala SDM dan Infrastruktur

Kamis, 25 Januari 2024 - 15:13 WIB
loading...
A A A
Founder Bebek Is Back Achmad Budiman Sudarsono menambahkan, apa yang terjadi pada pedagang Tanah Abang yang menolak Tiktok merupakan salah satu contoh yang menandakan transformasi digital belum sampai pada sasaran. Padahal jika dimanfaatkan dengan benar dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

"Karena itu pedagang diimbau dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada, dengan melakukan persiapan, yang dimulai dengan perbaikan pondasi digital dan menetapkan standar dalam teknologi inovasi agar berkesinambungan," katanya.

Founder dan CEO WisataSekolah Irwan Tamrin menyebut tantangan tak hanya menerpa industri UMKM, namun juga industri pariwisata. Menurut Irwan Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang berevolusi dan bertransformasi, namun belum tergarap optimal.

Hal ini, karena pihak-pihak terkait belum siap. Padahal, pariwisata merupakan salah satu sektor yang pertama melakukan digitalisasi. “Karena itu, perlu memperbaiki pola pikir yang sejalan dengan perubahan tata kelola konvensional menjadi digital,” ujar Irwan.

Saat ini, kata Irwan, sosial media menjadi salah satu tools penting karena memiliki jangkauan lebih luas dan cepat. Sehingga, diperlukan digital mindset karena transformasi menjadi keniscayaan seiring dengan perkembangan teknologi dan ketatnya persaingan bisnis, baik di tingkat nasional maupun global.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)