Dito Ganinduto Optimistis Indonesia Dapat Hadapi Pandemi dan Target Pembangunan Tercapai

Kamis, 30 April 2020 - 19:25 WIB
loading...
Dito Ganinduto Optimistis Indonesia Dapat Hadapi Pandemi dan Target Pembangunan Tercapai
Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto (kanan). Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto telah menerima penjelasan pemerintah tentang perkembangan indikator-indikator asumsi dasar dan target-target pembangunan di dalam APBN 2020 sampai dengan April 2020 di tengah wabah Covid-19.

Dito mendukung langkah-langkah serta upaya kebijakan yang dirumuskan bersama oleh Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Teknis Terkait dan Anggota KSSK dalam merespons penanganan Covid-19 dengan fokus kepada sektor kesehatan, social safety net, dan dukungan usaha melalui refocusing dan realokasi APBN 2020 pada belanja kementerian/lembaga, maupun TKDD, serta kebijakan moneter oleh Bank Indonesia.

Dia juga mendukung pelaksanaan dan perluasan social safety net terus disalurkan untuk melindungi kebutuhan dasar masyarakat agar tetap bertahan dalam kondisi krisis sampai berakhirnya wabah Covid-19 dan dapat memperkecil dampak dari wabah Covid-19 terhadap asumsi makro dan target-target pembangunan yang telah ditetapkan pemerintah di tahun 2020.

Dalam situasi yang luar biasa ini, Ketua Komisi XI DPR RI memahami kondisi pemerintah dan kebutuhan pembiayaan. "Untuk itu, perlu Bank Indonesia membuka peluang membeli SBN yang diterbitkan oleh Pemerintah dengan bunga yang tidak memberatkan Pemerintah. Hal ini untuk mendukung pembiayaan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 serta program bantuan jaring pengaman sosial untuk rakyat miskin dan UMKM," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (30/4/2020). ( ).

Selanjutnya, di tengah penanganan pandemi Covid-19 diharapkan pemerintah terus berupaya untuk mencermati berbagai perkembangan yang terjadi di global maupun domestik serta mengambil langkah-langkah yang tepat dan terukur untuk melakukan antisipasi dampak covid -19 terhadap aspek sosial, ekonomi, dan keuangan.

"Dengan asumsi makro yang telah dirumuskan secara realistis dan dukungan seluruh pihak untuk bergotong-royong mengatasi pandemi, kita optimistis dapat menghadapi pandemi dan target-target pembangunan yang dibuat dapat dicapai," kata politikus Partai Golkar ini.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)