Gatot Nurmantyo: Jangan Sia-siakan Pengorbanan Prajurit Kopassus

Senin, 16 April 2018 - 15:12 WIB
Gatot Nurmantyo: Jangan Sia-siakan Pengorbanan Prajurit Kopassus
Gatot Nurmantyo: Jangan Sia-siakan Pengorbanan Prajurit Kopassus
A A A
JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo mengucapkan dirgahayu kepada Korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang hari ini berulang tahun ke-66.

Melalui akun instagramnya, Gatot mengungkapkan kebanggaannya terhadap prajurit Kopassus. "Prajurit komando yang sangat saya banggakan. Kita adalah patriot bangsa karena kita telah ditempa dengan keras," kata Gatot melalui akun Instagramnya, nurmantyo_gatot, Senin (16/4/2018).

Gatot mengenang pengalamannya bersama prajurit Kopassus. "Saya merasakan dinginnya air danau Situ Lembang, gelap sunyinya malam, dan ganasnya Laut Selatan ketika berenang taktis dari Pantai Permisan Cilacap menyusup ke Nusakambangan pada usia senja yang tak lagi muda, " tandas mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini.

Menurut dia, kecintaanya kepada Korps Baret Merah membuat semuanya bisa diatasi. Sepanjang 66 tahun pengabdiannya, kata dia, Kopassus telah menorehkan tinta emas dalam setiap bagian sejarah negara.

Dia menegaskan tidak jarang prajurit Kopassus harus menumpahkan darah dan bertaruh nyawa karna rasa cinta pada bangsa dan rakyat semata.

Oleh karena itu, kata dia, jangan sia-siakan pengorbanan mereka. "Di tengah sunyi dan dingin gelapnya malam, saya mengajak kita semua untuk merenungkan bait demi bait, khususnya bait terakhir Hymne Komando 'lebih baik pulang nama daripada gagal di medan laga',” katanya.

Dia mengungkapkan bait itu merupakan janji suci yang telah diikrarkan di hadapan Sang Kuasa dan di bawah Dwi Warna Sang Panji.

"Dengan segala kerendahan hati, izinkan saya mengingatkan, bahwa janji itu hanya dipersembahkan untuk rakyat, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bukan untuk suatu kelompok, bukan untuk suatu golongan, bukan untuk suatu kekuasaan. Maka berdirilah tegak para pemegang janji suci hanya demi Ibu Pertiwi," tutur Gatot.

Dia berpesan kepada Kopasus untuk terus berjuang dan berkarya untuk bangsa. "Junjung tinggi nama besar dan harga diri Korps Baret Merah. Dirgahayu korps baret merah ke 66, berani, benar, berhasil. Komando!" kata Gatot.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5685 seconds (0.1#10.140)