Panglima TNI yang Miliki Brevet Kopassus, Nomor 9 Ikuti Pendidikan Komando demi Impian Sang Ibu

Senin, 12 Desember 2022 - 05:14 WIB
loading...
Panglima TNI yang Miliki Brevet Kopassus, Nomor 9 Ikuti Pendidikan Komando demi Impian Sang Ibu
Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (dua dari kanan) mengenakan seragam dan baret merah Kopassus. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI merupakan pucuk pimpinan dalam institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Seorang Panglima TNI memiliki wewenang komando operasional militer untuk menggerakkan pasukan di tiga matra baik darat, laut, dan udara.

Sejak didirikan, institusi tersebut telah dipimpin oleh 21 Panglima TNI. Dari jumlah tersebut, hanya beberapa orang saja yang memiliki brevet Kopassus, pasukan elite TNI AD.

Berikut ini daftar Panglima TNI yang memiliki brevet Kopassus:

1. Jenderal TNI (Purn) Leonardus Benyamin Moerdani

Pria kelahiran Cepu, Jawa Tengah 2 Oktober 1932 merupakan Panglima ABRI (Pangab) sekarang bernama Panglima TNI ke delapan. Benny Moerdani menjadi pucuk pimpinan TNI pada 1983 di masa kepemimpinan Presiden Soeharto.

Tokoh militer dan intelijen paling berpengaruh di masa Orde Baru (Orba) ini memiliki brevet Kopassus karena lulusan Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat (P3AD) ini merupakan pelatih angkatan pertama prajurit infanteri Kopassus di awal-awal berdirinya Korps Baret Merah tersebut.



Benny diangkat menjadi Panglima TNI oleh Soeharto karena jasa-jasanya saat menjadi komandan salah satu tim Operasi Naga untuk membebaskan Irian Barat (kini Papua) dari Belanda.

2. Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat

Lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) angkatan pertama 1960 ini merupakan Panglima TNI ke 10. Peraih Adhi Makayasa ini juga menjadi lulusan AMN pertama yang menjabat Panglima TNI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)