alexametrics

Pengamat Nilai Amien Rais Bisa Diusung Jadi Capres

loading...
Pengamat Nilai Amien Rais Bisa Diusung Jadi Capres
Pengamat menilai Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais bisa diusulkan menjadi Capres pada Pilpres 2019. Foto/Dok SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais bisa diusulkan menjadi calon presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. Penilaian Emrus Sihombing itu menanggapi kritik dan pandangan Amien Rais belakang ini yang menimbulkan perbincagan publik.

Emrus menambahkan, kritik dan pandangan Amien Rais itu menimbulkan pro dan kontra. "Dari perspektif subyektif, seorang aktor politik, tak terkecuali Amin Rais, tentu memiliki kehendak bebas melontarkan pesan komunikasi bernuansa politik," kata Emrus Sihombing dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Minggu (15/4/2018).

Dia mengingatkan bahwa Amien Rais belum lama ini mengkritik program pembagian sertifikat tanah ala Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Amien, kata dia, menilai program itu sebagai pengibulan alias pembohongan.

"Tentu kritik ini menuai berbagai tanggapan. Ada kalangan yang meminta dasar data dari kritikan sehingga menyebut mengibuli," ungkap Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner itu.

Akan tetapi, kata Emrus, bisa juga dilihat bahwa kritikan Amin Rais itu tidak masalah untuk perbaikan. Kemudian, dia mengungkapkan bahwa baru-baru ini Amien Rais mendikotomikan partai-partai politik di Indonesia menjadi dua kutub, partai setan dan partai Allah.

Dikatakannya, pernyataan Amien Rais soal partai setan dan partai Allah itu menimbulkan perbincangan yang sengit ketimbang terkait kritikan terhadap pembagian sertifikat tanah.

"Terkait dengan aktifnya Amin Rais akhir-akhir ini melontarkan padangan yang menghentakkan publik, saya merenung lebih mendalam hingga tiba pada suatu pandangan, bisa saja Amin Rais diusulkan menjadi kandidat Capres pada Pilpres 2019," katanya.

Maka itu, menurut dia, tidak ada salahnya jika PAN melirik dan mempertimbangkan Amin Rais diusung sebagai salah satu kandidat Capres pada Pilpres 2019. "Tentu, jika Amin Rais berkenan," pungkasnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak