Polemik Surat Suara Pemilu 2024 di Taiwan, Ganjar Minta DPR Panggil KPU

Minggu, 31 Desember 2023 - 04:03 WIB
loading...
Polemik Surat Suara Pemilu 2024 di Taiwan, Ganjar Minta DPR Panggil KPU
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta kepada Komisi II DPR segera memanggil KPU terkait beredarnya surat suara di Taiwan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta kepada Komisi II DPR untuk segera memanggil pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pemanggilan tersebut terkait dengan surat suara Pemilu 2024 yang telah dikirim terlebih dahulu ke Taiwan.

"KPU menyatakan ribuan surat suara dikirim lebih awal di Taiwan. Saya langsung bilang, Komisi II panggil KPU segera klarifikasi," kata Ganjar di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (30/12/2023) malam.

Ganjar meminta KPU sebagai penyelenggara mengklarifikasi langsung dan mempertanggungjawabkan apa yang sudah terjadi.



"KPU nyatakan surat suara di Taipei tidak sah. Kenapa bisa lolos? profesionalisme mesti dipertanggungjawabkan. Karena kita punya PDIP yang ada di parlemen, kita punya PPP di parlemen untuk bisa bertanya itu meminta pertanggungjawaban," ujarnya.

Ganjar menyebut pihaknya sudah menyiapkan Tim IT untuk memantau Pemilu 2024, termasuk mencegah terjadinya kecurangan. Dia mewanti-wanti agar pihak lain tidak berbuat curang demi mencapai sebuah kemenangan.



"Maka tim teknis pemilu siapkan posko khusus untuk mantengin ini, melihat distribusi surat suara, agar kita bisa memantau dan nanti IT kita akan memantau untuk bisa menangkap itu. Yang akan curang, kami sedang memantau kalian dan kami mengerti soal ini," tuturnya.

Sebelumnya, KPU mengatakan ada kelalaian dari Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) di Taipei terkait lembar surat pemilu yang sudah diterima WNI lebih dulu dibanding di negara-negara lain. KPU memastikan peristiwa tersebut tidak dilakukan dan diulangi oleh PPLN lainnya.

"Apa yang telah dilakukan oleh PPLN Taipei, KPU pastikan hal tersebut tidak dilakukan oleh 127 PPLN lainnya di seluruh dunia. Kasus pengiriman surat suara pos tidak sesuai jadwal oleh PPLN Taipei tidak akan diulangi lagi. PPLN Taipei telah berjanji akan melaksanakan semua aturan, jadwal, dan kebijakan serta arahan teknis KPU sesuai peraturan perundang-undangan pemilu yang berlaku," kata Komisioner KPU, Idham Kholik, saat dihubungi, Rabu, 27 Desember 2023.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)