Ganjar Ajak Masyarakat Tidak Melakukan Kampanye Hitam di Pemilu 2024

Kamis, 21 Desember 2023 - 19:34 WIB
loading...
Ganjar Ajak Masyarakat Tidak Melakukan Kampanye Hitam di Pemilu 2024
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengajak seluruh pihak untuk tidak melakukan kampanye hitam atau black campaign. Foto/MPI/achmad al fiqri
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengajak seluruh pihak untuk berpolitik dengan tidak menyakiti hati seseorang, terkhusus menggunakan identitas untuk menyerang lawan. Sebab politik itu dinamis, kadang lawan bisa menjadi teman dan teman bisa menjadi lawan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat berbicara di hadapan anak muda di acara Teman Bercerita Festival di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

"Politik itu lima tahunan, kadang-kadang berteman, kadang-kadang menjadi lawan. Tetapi tolong yang sifatnya menyakiti hati orang dengan identitas, jangan deh," kata Ganjar.



Menurutnya, seluruh pihak perlu bersatu dan tidak beranggapan kelompok yang selalu benar. Capres yang diusung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini pun, mengajak seluruh pihak tidak melakukan kampanye hitam atau black campaign. "Kita butuh bersatu kok. Kelompok kita yang paling benar, jangan deh, black campaign, lebih baik negative campaign. Black campaign itu hoaks, kalau negative itu nurunin skor, gak apa-apa," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga mengajak para peserta untuk menonton debat capres-cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Permintaan itu didasari lantaran kelompok Milenial dan Gen-Z rentan terpapar hoaks.



Dari data yang dipaparkan, Ganjar menyampaikan hasil riset yang menyebutkan ada 37% kelompok Milenial dan Gen-Z rentan terpapar hoaks. Kendati demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu merasa para pemuda perlu mencari tahu gagasan dan memilah serta memilih informasi.

Untuk itu, ia menyarankan agar generasi muda bisa menonton debat capres-cawapres. "Maka besok nonton debat, biar ngerti. 'ini orang pikirannya apa ya?" ucap Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga mengajak anak muda untuk melakukan cek fakta guna mengetahui rekam jejak para kandidat Pilpres 2024.

"Kemudian bisa dengan melakukan fact check, apa? Lihat rekam jejak, lihat kembali sejarah. Agar ketika nanti memilih, ini umpamanya benar gak ya? konsepnya bagus, tapi bisa dilaksanakan atau enggak ya? Evidence base, buktinya apa? Maka melihat rekam jejak itu penting," terang Ganjar.

Kredit foto:
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo saat paparkan materi di hadapan anak muda yang hadir dalam acara Teman Cerita Festival, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). Achmad Al Fiqri/MPI.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)