Suarakan Solidaritas, OIC Youth Indonesia Gelar Seminar soal Uighur

Rabu, 20 Desember 2023 - 06:13 WIB
loading...
Suarakan Solidaritas, OIC Youth Indonesia Gelar Seminar soal Uighur
OIC Youth Indonesia dan Center for Uighur Studies menggelar seminar dan press conference bertema solidaritas dan update terkini terkait Uighur, di Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - OIC Youth Indonesia dan Center for Uighur Studies menggelar seminar dan press conference bertema solidaritas dan update terkini terkait Uighur, di Jakarta, Selasa 19 Desember 2023. Presiden OIC Youth Indonesia, Astrid Nadya Rizqita mengatakan, seminar ini merupakan bagian dari rangkaian seminar.

"Rangkaian seminar yang diselenggarakan di berbagai kota Indonesia mulai dari 8-18 Desember 2023, melibatkan kota-kota seperti Yogyakarta, Makassar, Jakarta, Bandung, dan Medan. Dengan tema Uyghur Plight: Call for Solidarity," kata Asrid dalam keterangannya, Rabu (20/12/2023).

"Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan solidaritas terhadap situasi yang dihadapi oleh masyarakat Uighur," tambahnya.

Astrid menegaskan, advokasi dan peningkatan kesadaran terhadap isu Uighur telah menjadi fokus organisasi OIC Youth Indonesia sejak pendiriannya. Melalui pendekatan HAM dan antiislamofobia, pihaknya terus berkomitmen untuk memperjuangkan hak asasi manusia dan memerangi ketidakadilan.

"Kami, sebagai civil society, melakukan tugas kami untuk raise awareness. Selain itu, kami sangat paham bahwa Indonesia memiliki landasan politik luar negeri bebas aktif, dan ini bukan berarti kita netral, tapi bagaimana bersikap sesuai pada nilai-nilai," tegasnya.

Hadir narasumber utama dalam seminar ini, Mr Abdulhakim Idris, selaku direktur eksekutif Center of Uighur Studies, serta Astrid Nadya Rizqita, dan peneliti tentang Uighur dari STAI Persis Imam Sopyan.

Abdulhakim memberikan pemahaman mendalam terkait situasi Uighur, dengan menggambarkan penindasan yang telah berlangsung selama lebih dari 70 tahun.

"Pemerintah Tiongkok menghilangkan statistik di Xinjiang pada akhir 2019, menyulitkan pemantauan dunia," ungkapnya.

Ia juga menyoroti isu kerja paksa yang menimpa warga etnis Uighur, ketika dipaksa bekerja 12 jam sehari dan diharuskan mengikuti kelas pembelajaran Partai Komunis pada malam hari.

"Pembatasan kebebasan beragama juga menjadi isu serius, dengan keluarganya ditahan di kamp konsentrasi," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)