Todung Mulya Lubis Sebut Indonesia Butuh Sosok seperti Gus Mus

Kamis, 25 Januari 2018 - 21:31 WIB
Todung Mulya Lubis Sebut Indonesia Butuh Sosok seperti Gus Mus
Todung Mulya Lubis Sebut Indonesia Butuh Sosok seperti Gus Mus
A A A
JAKARTA - KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus menerima penghargaan Yap Thiam Hien tahun 2017. Penghargaan di bidang hak asasi manusia (HAM) ini diberikan sebagai ganjaran ini lantaran Gus Mus telah memberikan perhatian besar terhadap tegaknya nilai HAM.

Ketua Yayasan Yap Thiam Hien Award, Todung Mulya Lubis mengatakan, Gus Mus telah berkontribusi besar merawat keberagaman di Indonesia. Perjuangan memang tidak dilakukan dengan turun ke jalan atau mimbar-mimbar akademis.

Namun, Gus Mus menulis gagasan dan pemikirannya tentang keberagaman melalui puisi dan tutur kata yang ia sampaikan kepada santri dan masyarakat secara luas.

"Lewat tulisan puisi, Gus Mus sampaikan ke santri-santrinya dan juga masyarakat," kata Todung di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kemarin malam.

Todung mengatakan, saat ini Indonesia membutuhkan sosok seperti Gus Mus. Di tengah menguatnya paham radikalisme dan sektarianisme yang mengganggu suasana keberagaman dan majemuk, Gus Mus datang menetralisir kedua paham tersebut.

"Kita sangat butuh sosok yang kuat, konsisten, dan jujur seperti Gus Mus. Beliau tidak ikhlas bila kemajemukan dicabik oleh ideologi anti kemajemukan," ucap Todung.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7231 seconds (0.1#10.140)