Debat Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Bawa Rekam Jejak Bersih dari Hukum dan HAM

Selasa, 12 Desember 2023 - 13:34 WIB
loading...
Debat Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Bawa Rekam Jejak Bersih dari Hukum dan HAM
Capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapasitas yang dimiliki calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai bakal membawa Indonesia menuju supremasi hukum sebagai landasan kuat untuk melambungkan ekonomi Indonesia menuju pertumbuhan 7%. Hal ini didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni kedua sosok pemimpin tersebut selama ini.

Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing mengatakan, berkaca pada topik debat pilpres 2024 pertama, yang perlu dilihat oleh masyarakat adalah rekam jejak para pasangan calon dalam hal penegakkan hukum, korupsi, birokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

"Perlu diingat pula bahwa Ganjar-Mahfud tidak hanya menguasai teori tetapi juga praktiknya. Mereka sudah teruji dalam banyak hal. Pengalaman mereka pun sangat lengkap dalam semua aspek. Sehingga saya optimis, untuk debat pertama ini, pasangan Ganjar-Mahfud MD akan memenangkannya dan mendekati angka sempurna," kata Emrus dalam keterangannya, Selasa (12/12/2023).



Ia menjelaskan, tema debat pertama Pilpres 2024 adalah topik yang sangat dikuasai oleh Ganjar-Mahfud. Dari latar belakang pendidikan, keduanya adalah sarjana hukum, sedangkan kedua paslon lain bukan berlatarbelakang hukum.

"Mahfud MD adalah begawan hukum Indonesia saat ini. Ia pernah menjabat di Legislatif, Eksekutif sebagai Menko Polhukam dan Menkumham, kemudian juga pernah menjadi Ketua MK. Lengkap sekali," kata Emrus.

Sementara Ganjar juga cukup lengkap pernah menjadi legislator dan juga Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. "Dengan demikian ia punya pengalaman yang lengkap pula sebagai perumus dan pelaksana kebijakan," ujarnya.

Dari aspek HAM, kedua tokoh ini dikenal sebagai pluralis yang menjunjung tinggi inklusivitas, peduli pada kepentingan orang-orang kecil dan marginal. "Sebagai tokoh yang pluralis kedua tokoh ini sangat menghargai HAM," kata pengajar di Universitas Pelita Harapan ini.



Kalau dari sisi pemberantasan korupsi, Ganjar-Mahfud juga terbilang bersih. "Saya rasa semua orang akan mengakui bahwa Mahfud MD adalah salah satu tokoh yang sangat bersih. Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar sangat menanamkan sikap antikorupsi ke bawahannya. Tidak mudah buat orang yang menjabat 10 tahun sebagai gubernur dan bebas dari korupsi," katanya.

Emrus berharap masyarakat tidak terbius dengan kata-kata manis dalam penyampaian program dalam debat Pilpres 2024. Menurutnya, yang harus juga dilihat adalah rekam jejak dan pengalaman dari paslon.

"Diharapkan masyarakat yang masih ragu, swing voters yang ada sekarang akan memantapkan pilihan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang menguasai secara teori, punya pengalaman menerapkannya dan tokoh yang bersih yakni Ganjar-Mahfud," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)