Jadi Penulis Tamu, AHY Wakili Milenial di Buku tentang Ketahanan Pangan

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 22:20 WIB
loading...
Jadi Penulis Tamu, AHY Wakili Milenial di Buku tentang Ketahanan Pangan
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Foto/Twitter AHY
A A A
JAKARTA - Ada hal menarik di buku berjudul Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan: Sehimpun Saran dan Solusi yang akan diterbitkan pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang.

Dari sembilan nama penulis buku ini, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang saat ini menjabat Ketua Umum DPP Partai Demokrat. “AHY sengaja diminta untuk menjadi penulis tamu, dan beliau juga satu-satunya penulis yang mewakili kalangan milenial,” kata Direktur Utama Pandu Tani Indonesia (Patani) Sarjan Tahir, Sabtu (8/8/2020).

Sarjan belum bersedia memberikan bocoran mengenai tulisan AHY di buku yang bakal terbit nanti. “Judulnya adalah...Pastinya sangat keren, dan nanti bisa dibaca langsung saat peluncuran,” ujar Sarjan.( )

Sekadar diketahui buku Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan: Sehimpun Saran dan Solusi yang disunting Kepala Editor Bahasa KORAN SINDO Jaelani Ali Muhammad, diinisiasi lembaga Pandu Tani Indonesia (Patani).

Patani selama 12 tahun belakangan sangat konsen bergiat di dunia pertanian berikut mendampingi aktivitas petani.

Selain AHY, ada tiga mantan menteri yang juga menyumbang tulisan di buku berupa bungan rampai ini, yakni Prof Dr H Bomer Pasaribu (Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada paruh pertama era pemerintahan Abdurrahman Wahid), Prof Dr Rokhmin Dahuri (Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Gotong Royong), dan Dr Anton Apriyantono (Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Bersatu).

Tak hanya itu, buku ini juga memuat tulisan Prof Dr Hermanto Siregar, yang tercatat sebagai anggota dewan di sejumlah organisasi profesional, termasuk Dewan Ekonomi Nasional, Asosiasi Ekonom Indonesia, Asosiasi Ekonom Pertanian Indonesia, dan Forum Kebijakan Pertanian Asia Pasifik.

Lalu ada pula tulisan eksekutif Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Bulog Sutarto Alimoeso, Direktur Indofood dan CEO sejumlah perusahaan raksasa di Indonesia Franciscus Welirang, Ketua Umum Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Glenn Pardede, serta doktor bidang keahlian ilmu perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan Harry Santoso.

"Buku ini sebuah ikhtiar untuk mengonsepsikan dengan matang upaya mewujudkan kedaulatan pangan, buah pikir dari para ahli dan tokoh yang berkomitmen dalam isu pangan dan sumber daya alam. Semoga saja sehimpun saran dan solusi dalam buku ini bisa diimplementasikan oleh para pengambil kebijakan nantinya,” harap Sarjan.

Sementara Pemimpin Redaksi KORAN SINDO dan SINDOnews.comDjaka Susila mengapresiasi hadirnya buku Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan: Sehimpun Saran dan Solusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)