Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa Resmi Jabat Pangkostrad

Kamis, 07 Desember 2023 - 22:04 WIB
loading...
Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa Resmi Jabat Pangkostrad
Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menyerahkan jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) kepada Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Foto/Penkostrad
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menyerahkan jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) kepada Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa . Serah terima jabatan digelar di Aula Jenderal Besar AH Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2023).

Diketahui, pengangkatan Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa sebagai Pangkostrad tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 yang diteken oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada Rabu, 29 November 2023.

Ungkapan rasa syukur dan bangga disampaikan Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa karena telah diberikan amanah untuk menjadi Pangkostrad.

Setelah sertijab, dilaksanakan kegiatan Lepas Sambut Pangkostrad dan Mantan Pangkostrad di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak beserta Ibu Uli Simanjuntak dalam memimpin, membina, dan mengembangkan Kostrad dan Persit Kartika Chandra Kirana.



"Sehubungan dengan amanah yang diberikan oleh pimpinan TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat kepada saya sebagai Pangkostrad yang baru, kiranya melalui kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan dukungan dari semua unsur Kostrad untuk melaksanakan amanah ini," kata Pangkostrad dalam siaran pers Penkostrad yang diterima SINDOnews.

Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa Resmi Jabat Pangkostrad


Dalam kegiatan lepas sambut ini turut hadir mantan Pejabat Pangkostrad, di antaranya Letnan Jenderal TNI (Purn) Tarub, Letnan Jenderal TNI (Purn) Burhanudin Amin, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Kriswanto, Irkostrad, Pangdivif 1, 2, dan 3 Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, para Kabalak Kostrad, Dansat jajaran Kostrad, pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad serta tamu undangan.

Profil dan Karier Militer Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa


Mayjen TNI Saleh Mustafa merupakan perwira tinggi TNI AD yang lahir di Ternate, Maluku Utara pada 14 Maret 1969. Dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan Infanteri.

Sebelum ditunjuk menjadi Pangkostrad, Muhammad Saleh Mustafa menjabat sebagai Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad) sejak 15 Agustus 2023.

Pada 13 April 2016, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa diangkat menjadi Komandan Korem 132/Tadulako dengan pangkat Brigjen. Lalu 27 Oktober 2017 menjadi Wadanpussenif Kodiklatad, dan 30 Oktober 2019 menjabat Kasdam Jaya.

Pada 2 Agustus 2021 Muhammad Saleh Mustafa diangkat menjadi Kaskogabwilhan II dan juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Mayor Jenderal.

Pada 29 Juli 2022 Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa diangkat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII Cenderawasih, pada 27 April 2023 diangkat menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba serta pada 15 Agustus 2023 menjabat Kaskostrad.

Selanjutnya, pada 29 November 2023, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dipromosikan sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai KSAD.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)