Mahfud MD: Umat Muslim Wajib Jaga Keselamatan NKRI Berdasarkan Syariat Islam

Sabtu, 25 November 2023 - 01:20 WIB
loading...
Mahfud MD: Umat Muslim Wajib Jaga Keselamatan NKRI Berdasarkan Syariat Islam
Menko Polhukam Mahfud MD mengajak masyarakat muslim di Indonesia menjaga keselamatan NKRI berdasarkan syariat Islam. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengajak masyarakat muslim di Indonesia menjaga keselamatan NKRI berdasarkan syariat Islam .

Hal tersebut diungkapkan Mahfud saat memberikan tausiyah kebangsaan dengan tema Bersama Menyelamatkan dan Memajukan Indonesia yang tayang di kanal YouTube Ummulqura Hidayatullah, Jumat (24/11/2023).

"Wajib bagi kita (menjaga keselamatan NKRI berdasarkan syariat Islam)," kata Cawapres pendamping Ganjar Pranowo ini.



Dia bercerita dulu KH Hasyim Asy'ari mengeluarkan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 untuk menjaga kesatuan NKRI. Nah, konstruksi itu harus dijaga sampai sekarang.

"Persoalannya, mengapa kita harus menyelamatkan negara ini? Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Sejarah memanggil kita untuk memperbaiki," ujar Mahfud.

Dia juga mengungkapkan peran dan posisi umat Islam di Indonesia. Umat Islam menjadi salah satu umat terbesar yang membawa Indonesia mencapai kemerdekaannya.

“Jadi pikirannya di zaman penjajahan itu dulu kalau Indonesia tidak merdeka, kalau umat Islam tidak punya negara yang merdeka, maka umat Islam tidak akan leluasa untuk beribadah. Sehingga, umat Islam berjuang agar Indonesia merdeka dan umat Islam maju," ungkap Mahfud.

Jika umat Islam tidak mempunyai negara sendiri, maka akan sulit beribadah. Karena itu, harus diperjuangkan sehingga membuat negara yang nyaman untuk beribadah adalah kewajiban.

"Untuk beribadah, Anda semua harus berammar maruf dan bernahimungkar, itu tugas umat Islam. Sekarang, dalam kenyataannya kalau kita tidak punya negara sendiri maka beribadah berammar maruf nahimungkar itu tidak lancar," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)