Tantangan dan Peluang: Pemilu 2024, Diplomasi Asia-Pasifik, dan Masa Depan Indonesia

Kamis, 23 November 2023 - 14:54 WIB
loading...
A A A
Inti dari diskusi dan narasi yang lebih luas seputar kunjungan ini adalah dikotomi konseptual antara "Asia-Pasifik" dan "Indo-Pasifik". Istilah "Pasifik" sebagai entitas politik dan ilmu pengetahuan, menurut Acharya, memiliki akar pada perjalanan ekonomi. Ini mengacu pada wilayah di sekitar Samudera Pasifik, termasuk Asia Timur, Tenggara, Oseania, dan bagian dari Belt and Road Inisiatif.

Forum APEC, terutama BRD (Business Resilience and Development), sebagai andalan ekonomi global China juga mencerminkan definisi ini. Strategi pembangunan tersebut memberikan contoh fokus yang serius terhadap perkembangan ekonomi regional, dan perkembangan pasar negara berkembang.

Sebaliknya, "persaingan politik Indo-Pasifik," yang muncul dari geopolitik, telah membuat perubahan yang strategis dan berefek sampai Afrika Timur, Samudera Hindia hingga Samudera Barat yang termasuk Pasifik. Wilayah ini memiliki daya tarik khusus dalam strategi geopolitik negara-negara besar, terutama Amerika Serikat, sebagai upaya untuk menyeimbangkan pengaruh yang meningkat dari China.

Dari perspektif Indonesia, perbedaan antara kedua pandangan ini lebih dari sekadar masalah akademis. Ini mencerminkan dua visi tatanan regional yang berbeda: satu bersifat ekonomi dan integratif, yang lainnya bersifat strategis dan memiliki potensi memecah belah. Seperti pandangan lainnya yang terus menerus mengandung pro dan kontra terhadap perekembangan China dan Amerika.

Sebagai mitra ASEAN, Indonesia secara tradisional cenderung memilih pendekatan inklusif terhadap isu-isu regional, dengan fokus pada pengembangan operasional dan kerja sama. Kebijakan luar negeri Indonesia, yang berakar pada prinsip-prinsip non-blok dan otonomi strategis, lebih sejalan dengan "konsep Asia-Pasifik" yang bersifat inklusif dan berorientasi ekonomi.

Peran dan pendekatan China terhadap keterlibatan regional sangat menarik dalam konteks ini. Selama empat dekade terakhir, China telah mendominasi dengan pendekatan maju dan bangkit dengan damai, dan fokus pada pembangunan ekonomi. Pendekatan ini berbeda secara mencolok dengan ekspansi historis kekuatan kolonial Barat, yang ditandai dengan perkeemangan militer atau kekuatan militer Barat.

Pernyataan AS yang terus-menerus mengenai partisipasi Indo-Pasifik di bawah pemerintahan Trump tampaknya memunculkan kenangan akan serangkaian konflik maritim dan politik kekuasaan. Bagi Indonesia, hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Indonesia dapat menjaga keseimbangan dan keamanan di kawasan yang semakin kompleks ini.

Penulis berpendapat kunjungan Xi Jinping dan implikasinya, terutama terkait investasi asing membawa dampak positif dan kunjungan tersebut diharapkan dapat menciptakan iklim perdagangan global yang lebih stabil, memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia yang sangat bergantung pada ekspor ke luar.

Peran Indonesia di ASEAN dan posisinya di kawasan Asia-Pasifik menjadi sangat penting dalam dinamika geopolitik ini. Manuver negara-negara besar sering kali menantang prinsip sentralitas ASEAN dalam isu-isu regional. Keterlibatan konstruktif China-AS diharapkan dapat memperkuat peran ASEAN dan membantu menjaga keseimbangan kekuatan di kawasan, hal ini memiliki dampak yang signifikan bagi Indonesia yang berusaha untuk menavigasi persaingan kepentingan negara-negara besar sambil mempertahankan otonomi strategisnya.

Perdebatan antara konsep "warga negara Asia-Pasifik" dan "Indo-Pasifik" memiliki relevansi khusus dalam konteks keamanan. Indonesia, dengan posisi maritimnya yang strategis, sangat terpengaruh oleh dinamika keamanan di kawasan ini, terutama terkait sengketa Laut Cina Selatan. Indonesia dan AS menggunakan terminologi ini untuk menyoroti penekanan strategis yang dapat memperburuk ketegangan regional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)