Mayoritas Pemilih Pemuda, KPU Yakin Pemilu 2024 Jauh dari Polarisasi

Rabu, 22 November 2023 - 19:10 WIB
loading...
Mayoritas Pemilih Pemuda, KPU Yakin Pemilu 2024 Jauh dari Polarisasi
Kick-Off Program dan Diskusi Publik #MudaMemilih dengan tajuk Anak Muda dan Pemilu 2024: Memperjuangkan Masa Depan Indonesia di Media Centre Kemenpora, Rabu (22/11/2023). FOTO/MPI/IRFAN MARUF
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut Pemilu 2024 akan didominasi oleh pemilih dari generasi milenial dan generasi Z. Dengan mayoritas pemuda yang terbiasa pada keberagaman, pesta demokrasi 2024 akan jauh dari polarisasi.

Hal itu dikatakan oleh Anggota KPU August Melasz dalam acara diskusi Kick-Off Program dan Diskusi Publik #MudaMemilih dengan tajuk Anak Muda dan Pemilu 2024: Memperjuangkan Masa Depan Indonesia di Media Centre Kemenpora.

August Melasz mengatakan, pemilih pemuda menjadi bagian strategis dalam Pemilu 2024. Hal itu karena pemilih muda yang biasa pada keberagaman dan menjauhkan dari polarisasi dan perpecahan.



"Kalau lihat sirkel pertemanan atau sirkel komunitas-komunitas anak-anak muda mereka memang normalnya itu ya memang beragam, berbeda segala macam," kata Melasz, Rabu (21/11/2023).

Dengan mayoritas pemilih muda di Pemilu 2024, Melasz optimistis dalam gelaran kontestasi lima tahunan akan jauh dari polarisasi. Sebab, anak muda terbiasa dengan perbedaan.

"Momen tertentu mungkin berbeda dan itu tanpa harus misalnya istilah baper-baper kan nggak penting lagi. Nah itu yang catatan penting dalam konteks 2024 terkait dengan posisi anak muda," imbuhnya.

August Melasz berharap peran pemuda dalam pesta demokrasi kalau ini akan mengembalikan citra pemilu pada tahun sebelumnya selalu dihadapkan pada polarisasi pada Pemilu 2024. Pemilu sebelumnya pesta demokrasi yang terpecah-belah akibat polarisasi membuat pandangan terhadap Pemilu menjadi pesimistis.



"Kita tahu sekian periode dari Pemilu kita selama ini kan juga diwarnai banyak dinamika yang sebenarnya bisa dibilang cukup membuat pesimis masa depan Indonesia," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)