Ganjar Sering Menginap di Rumah Warga, Jadi Pembeda dengan Capres Lainnya

Selasa, 21 November 2023 - 20:28 WIB
loading...
Ganjar Sering Menginap di Rumah Warga, Jadi Pembeda dengan Capres Lainnya
Calon presiden nomor urut 3 dan didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo punya kebiasaan menginap di rumah warga. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3 dan didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo punya kebiasaan menginap di rumah warga. Kebiasaan yang sudah dilakukan Ganjar sejak menjabat Gubernur Jawa Tengah itu menjadi pembeda dengan calon presiden (capres) lainnya.

Kebiasaan Ganjar menginap di rumah warga itu bukan tanpa alasan, yakni bertujuan agar dirinya bisa lebih dekat melebur bersama masyarakat dan bisa menyerap aspirasi langsung. Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga Henri Subiakto menilai apa yang dilakukan Ganjar menunjukan bahwa Ganjar seorang pemimpin yang tidak berjarak dengan masyarakat kecil.

“Saya melihat bahwa apa yang dilakukan Pak Ganjar untuk masuk ke rumah-rumah warga yaitu menunjukkan bahwa beliau satu orang yang tidak berjarak dengan masyarakat kecil, masyarakat biasa,” kata pakar bidang komunikasi politik ini dikutip, Selasa (21/11/2023).





Karena, kata dia, Ganjar berasal dari masyarakat biasa. “Karena agak beda dengan capres yang lain maupun cawapres yang lainnya,” tuturnya.

Dia mengatakan, Ganjar berasal dari kalangan masyarakat biasa. Ayah Ganjar yang bernama Parmudji Pramudi Wiryo hanyalah seorang polisi purnawirawan dengan pangkat Letnan Satu (Lettu).

Sehingga, menurutnya wajar apabila Ganjar dekat dan mudah berbaur dengan masyarakat. “Dia memang berasal dari masyarakat biasa, maka logis kalau dia juga dekat dengan masyarakat biasa. Dekat dan mencoba untuk memahami denyut keinginan, aspirasi maupun juga ingin mengetahui apa yang dirasakan oleh masyarakat biasa,” tuturnya.

Dia berpendapat, kebiasaan Ganjar yang bisa dan selalu dekat dengan rakyat itu sebuah kelebihan seorang pemimpin. Dia melanjutkan, apa yang dilakukan Ganjar hampir sama seperti yang dilakukan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Umar bin Khattab.

“Itu justru kelebihan ya kelebihan seorang pemimpin seperti itu. Kalau Umar bin Khattab kan juga ketika ingin mengetahui apa yang terjadi di masyarakatnya, juga datang ke rumah-rumah penduduk, rumah-rumah masyarakat. Itu telah dilakukan yang bagus dari sisi itu,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)