TNI AL Siapkan Kapal untuk Angkut Logistik Pemilu 2024

Selasa, 21 November 2023 - 17:06 WIB
loading...
TNI AL Siapkan Kapal untuk Angkut Logistik Pemilu 2024
TNI AL menyiapkan sejumlah armada kapal dan kapal perang (KRI) untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut ( AL ) menyiapkan sejumlah armada kapal dan kapal perang (KRI) untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024 . Utamanya ke daerah kepulauan yang hanya bisa dijangkau melalui kapal.

Kepala Staf Angkat Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, pengerahan kapal-kapal tersebut bakal dilakukan setelah adanya permintaan dari pihak KPU.

"Sampai saat ini belum ada (permintaan pengerahan kapal), namun kita sudah siap. Biasanya dibicarakan melalui Panglima TNI nanti Panglima TNI akan memerintahkan kepada Angkatan Laut," kata Ali kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/11/2023).



Ali menjelaskan, setiap penyelenggaraan Pemilu, TNI AL juga terlibat dalam mempersiapkan armadanya untuk mengangkut logistik seperti kotak suara dan surat suara.

"Dari tahun ke tahun biasanya kita menyiapkan beberapa unsur KRI untuk membawa kotak pemilu, kotak suara, logistik kemudian apa yang dibutuhkan terutama ke pulau-pulau terpencil, pulau-pulau terluar yang tidak bisa dilewatkan melalui udara," ujarnya.

"Kemudian melalui darat jelas nggak bisa karena di sana tidak ada bandara, hanya ada pelabuhan maka kita akan menugaskan kapal-kapal kita untuk ke pulau-pulau terpencil atau pulau-pulau terluar," katanya.

Ali menambahkan biasanya pihaknya mulai menyiapkan kapal-kapal untuk mengangkut logistik tersebut di awal tahun usai adanya permintaan dari KPU.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)