Mahfud MD Sebut Sidang Sengketa Hasil Pemilu Akan Lebih Baik, Ini Alasannya

Selasa, 21 November 2023 - 15:31 WIB
loading...
Mahfud MD Sebut Sidang Sengketa Hasil Pemilu Akan Lebih Baik, Ini Alasannya
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD optimistis sidang sengketa hasil Pemilu 2024 akan berjalan lebih baik. Menurut Mahfud, perbaikan tersebut terjadi karena masalah internal yang ada di Mahkamah Konstitusi (MK) telah diatasi.

"Sidang sengketa hasil pemilu yang akan datang diharapkan berjalan lebih baik, mengingat perbaikan yang telah dilakukan di dalam dan upaya penanganan masalah internal di Mahkamah Konstitusi," ujar Mahfud MD dalam kuliah umum di Universitas Andalas, Kamis, 16 November 2023.

Mahfud mengajak masyarakat untuk tidak merasa takut karena sudah dilakukan pembenahan di MK dengan mengamputasi penyakit yang ada. Ia juga menyatakan keyakinan bahwa orang-orang baru di MK ini akan menghadapi sengketa hasil pemilu mendatang dengan serius dan tidak menganggapnya sebagai permainan.



"Tidak perlu khawatir, kita sudah melakukan pembenahan di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan mengatasi permasalahan yang ada. Orang-orang baru di MK ini pasti akan menghadapi sengketa hasil pemilu mendatang dengan serius dan tidak menganggapnya sebagai permainan," Ujar Mahfud MD.

Mahfud juga membicarakan fakta bahwa terdapat kecurangan yang terbukti dilakukan oleh hakim MK dalam penetapan usia calon wakil presiden. Dia mengungkapkan bahwa hakim tersebut tidak dipecat dari jabatannya. Meskipun mengetahui hal tersebut, Mahfud MD mengaku tidak mempersoalkannya.

"Orang mungkin bertanya, mengapa seseorang yang sudah melakukan pelanggaran berat hanya diberhentikan dari jabatannya dan tidak dipecat sesuai aturan sebagai hakim. Namun, menurut pandangan saya, keputusan ini seharusnya diterima dan tidak perlu diperdebatkan lebih lanjut," ungkap Mahfud.

Mahfud MD yang kini menjadi Cawapres Nomor Urut 3 berpendapat bahwa putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) untuk menurunkan yang bersangkutan dari jabatannya sudah tepat. Baginya, putusan tersebut akan memastikan bahwa pemilu yang akan datang tidak akan terganggu lagi dan berjalan dengan aman dan nyaman.

"Ketika dia sudah diberhentikan dari jabatannya dan tidak diizinkan ikut sidang, hal ini memberikan kepastian hukum yang sudah terjamin. Pemilu juga tidak akan mengalami gangguan. Kita perlu menerima keputusan ini, karena sidang-sidang di MK akan berjalan lebih baik," ujar Mahfud.

Mahfud mengungkapkan harapannya agar proses pemilu yang akan datang dapat berlangsung dengan lebih baik. Dia pun berpesan agar masyarakat Indonesia menggunakan hak suaranya dengan penuh tanggung jawab.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)