Soal Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dinilai Perlu Perhatikan Keselamatan

Senin, 20 November 2023 - 13:12 WIB
loading...
A A A
Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang positif dan agresif dalam pembangunan dan pengoperasian fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari strategi nasional untuk mendorong industri hilir.

Meskipun situasi ini merupakan peluang transformasional bagi negara dan rantai nilai pada sektor pertambangannya, perlu ditekankan bahwa evaluasi, pembangunan, dan peluncuran banyaknya aset baru dalam kerangka waktu yang padat harus dilakukan melalui perencanaan yang matang serta pengawasan berkelanjutan agar tidak membahayakan sektor industri ini.

Untuk mengantisipasi berbagai tantangan teridentifikasi tersebut, investor perlu menguji serangkaian skenario aturan dalam rencana bisnis mereka, bersamaan dengan kemampuan mereka dalam menjalankan proyek modal sesuai kerangka waktu dan juga anggaran yang sudah ditentukan.

Hal ini ditambah dengan variabilitas pasar komoditas yang membuat pelaksanaan proyek modal menjadi penting karena menjadi satu elemen, yang dengan pendekatan dan dukungan yang tepat, dapat dikendalikan.

Pada kajiannya, dss+ memberikan sejumlah rekomendasi kepada para pelaku bisnis utama Indonesia di sektor pemurnian mineral untuk mempertimbangkan berbagai tantangan tersebut dalam menilai kelayakan dalam memasuki industri pemurnian di tingkat global, atau khususnya pada pasar domestik.

Pelaksanaan riset pasar secara menyeluruh, menilai kemampuan finansial, memahami potensi risiko, mengembangkan kemitraan yang kuat, dan mengambil peran utama dalam bidang kelayakan, konstruksi, dan operasional akan membantu investor dalam melakukan mitigasi terhadap sejumlah tantangan tersebut.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)