Pilot Garuda Pose 3 Jari Bareng Mahfud MD, Erick Thohir: Pegawai BUMN Bukan ASN

Minggu, 19 November 2023 - 23:53 WIB
loading...
Pilot Garuda Pose 3 Jari Bareng Mahfud MD, Erick Thohir: Pegawai BUMN Bukan ASN
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan keterangan kepada media saat menghadiri acara 13 Tahun Mata Najwa yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Minggu (19/11/2023). FOTO/MPI/MUHAMMAD FARHAN
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi pose3 jari pilot Garuda Indonesia bersama calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD. Menurutnya, pilot Garuda Indonesia merupakan karyawan BUMN, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kalau BUMN kan bukan ASN, itu aja," kata Erick Thohir di acara 13 Tahun Mata Najwa yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Minggu (19/11/2023).

Erick menjelaskan, netralitas dalam BUMN harus memerhatikan kategori dalam hukumnya. Dia mengatakan, jika mengarah pada BUMN, itu tidak masalah, namun akan jadi berbeda jika mengenai pegawai Kementerian BUMN.



"Hahaha. Kategorinya kan musti ada, kalau Kementerian BUMN, nah itu ada catatan," ujar Ketua Umum PSSI ini.

Kendati demikian, Erick tidak menjelaskan apa yang akan dilakukan Kementerian BUMN atas tindakan pilot Garuda tersebut. Dia tidak menjawab apakah kasus itu akan diserahkan kepada Direktur Utama Garuda Indonesia.

"Saya sebagai Menteri BUMN sebagai orang profesional, ketika para calon presiden, ada masukan ada kritik kepada BUMN saya terbuka, karena ini saya profesional," ujarnya.

"Dan, tentu masukan dan pendapat itu perlu saya dengarkan," lanjut Erick.

Untuk diketahui, cawapres Mahfud MD membuat heboh warganet usai mengunggah foto bersama pilot dan co-pilot dengan pose 3 jari dan jari metal di ruang kokpit pesawat Garuda Indonesia. Gara-gara unggahan tersebut pilot dan co-pilot tersebut dipanggil pihak Garuda.



Menanggapi foto tersebut, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Tama S Langkun menilai foto tersebut hanya sebuah bentuk kegembiraan ketika bertemu dengan Mahfud MD.

"Saya rasa tidak ada beban kesalahan pada pilot tersebut, itu hanya ekspresi saja kok, eskpresi kegembiraan karena dia melihat, karena Prof Mahfud sering menggunakan simbol-simbol angka 3 dia mengikuti itu," kata Tama usai menghadiri diskusi Mengawal Pemilu Bersih 2024 di TPN Ganjar-Mahfud Jalan Cemara 19 Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)