Ganjar-Mahfud Nomor Urut 3 Sesuai Sila Ketiga, Apa Makna dan Penerapan dari Sila ke-3?

Sabtu, 18 November 2023 - 11:43 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Nomor Urut 3 Sesuai Sila Ketiga, Apa Makna dan Penerapan dari Sila ke-3?
Calon presiden yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo menyatakan kegembiraannya atas pemberian nomor urut 3. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo menyatakan kegembiraannya atas pemberian nomor urut 3. Ganjar mengaitkan nomor tersebut dengan sila ketiga Pancasila.

"Jadi kita mendapatkan nomor 3 itu pas sesuai dengan sila ketiga Persatuan Indonesia,” kata Ganjar dalam sambutan usai penentuan nomor urut capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (14/11/2023).

Dalam pemilu, Ganjar menyatakan keyakinannya bahwa nomor urut 3 mencerminkan persatuan seluruh masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, Ganjar juga menyinggung bahwa kontestasi dalam pemilu bisa mengalami gangguan.





Ganjar Pranowo menyatakan keinginan untuk menyatukan semua pihak dalam sebuah proses politik yang membawa kegembiraan. Dia menyatakan bahwa kegembiraan tersebut seharusnya menjadi fokus utama.

Namun, beberapa hari ini menurutnya, kita dihadapkan pada drama politik yang kurang menggembirakan, yang sebenarnya bisa dihindari. Politikus PDIP tersebut juga mengakui adanya kritik dari berbagai pihak terhadap proses menuju pemilu.

Dia menegaskan bahwa malam ini seharusnya menjadi awal dari perayaan demokrasi melalui pemilu, tetapi situasi belakangan ini membawa berbagai pandangan dari masyarakat, termasuk tokoh agama, guru bangsa, seniman, budayawan, jurnalis, pemred, dan aktivis.

Makna Sila Ketiga dan Penerapannya


Dasar negara Indonesia adalah Pancasila, yang terdiri dari lima pedoman penting bagi rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan bersama dan sebagai negara. Pancasila tidak hanya berfungsi sebagai dasar negara Indonesia, tetapi juga dianggap sebagai identitas bangsa, yang diwakili oleh lambang burung Garuda.

Burung Garuda melambangkan kekuatan dan warna emas pada burung Garuda melambangkan kemegahan atau kejayaan. Ini digunakan sebagai lambang negara untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)