Mutasi TNI: 3 Danlanud Digeser, Siapa Saja?

Kamis, 16 November 2023 - 05:35 WIB
loading...
A A A
Jenderal Bintang 1 TNI AU ini digeser dari Danlanud Sam Ratulangi menjadi Komandan Pusat Pendidikan (Danpusdik) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau). Jabatan Danlanud Sam Ratulangi yang ditinggalkan Mujib diisi oleh Marsma TNI Ramot Christian Parlindungan Sinaga yang sebelumnya menjabat Danpusdik Kodiklatau.

Diketahui, Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi terletak di Sulawesi Utara, 13 km dari kota Nyiur Melambai Manado. Dilansir dari laman resmi TNI AU, Lanud ini adalah pangkalan pelaksana operasional yang berkedudukan langsung di bawah Komando Operasi TNI AU II dengan tugas pokok menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan di jajarannya serta membina potensi kedirgantaraan.

Berdirinya Lanud Sam Ratulangi ini berawal pada 1939 pemerintah Belanda membangun Lapangan Udara untuk kepentingan militernya. Di ujung selatan danau Tondano daerah Celebes. Landasan udara berukuran panjang 1.650 m dan lebar 90 m tersebut dikenal dengan nama Lapangan Udara Kalawiran.

3. Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan

Mutasi TNI: 3 Danlanud Digeser, Siapa Saja?


Dia digeser dari Danlanud El Tari Kupang (NTT) menjadi Pati Sahli Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Jabatan Danlanud El Tari yang ditinggalkan Aldrin Petrus Mongan diisi oleh Marsma TNI Djoko Hadipurwanto yang sebelumnya menjabat Staf Khusus KSAU.

Sekadar informasi sebagaimana dilansir dari laman resmi TNI AU, Pangkalan TNI AU El Tari merupakan Lanud Tipe A sebagai pelaksana operasi Komando Operasi TNI Angkatan Udara II yang memiliki tugas pokok menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya dan membina potensi dirgantara.

Dalam rangka pembinaan potensi dirgantara Pangkalan TNI AU El Tari melaksanakan kegiatan berupa penyiapan kekuatan dan kemampuan kewilayahan dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dibidang kedirgantaraan.

Ruang, alat, dan kondisi juang tersebut merupakan suatu keutuhan kekuatan terpadu yang diharapkan mampu menunjang berbagai jenis operasi yang akan dilaksanakan dalam suatu wilayah. Batas wilayah tanggung jawab Lanud El Tari ditetapkan berdasarkan Skep Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara No Skep: SKEP/55/VIII/2009.

Lanud El Tari yang bermarkas di Jalan Adi Sucipto Kelurahan Penfui, Kecamatan Naimata Kupang, Provinsi NTT memiliki luas Areal 543 Ha serta 147,100 m2 berupa pos perwakilan yang terletak di Maumere.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3301 seconds (0.1#10.140)