Peringatan HUT Ke-54 Koharmatau Dimeriahkan Tarian Kolosal

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 01:29 WIB
Peringatan HUT Ke-54 Koharmatau Dimeriahkan Tarian Kolosal
Peringatan HUT Ke-54 Koharmatau Dimeriahkan Tarian Kolosal
A A A
YOGYAKARTA - Tari kolosal yang menceritakan sejarah lahirnya Komando Pemeliharaan Materiel TNI AU (Koharmatau) dipentaskan saat HUT ke-54 Koharmatau di shelter hanggar 3 Skatek 043 Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Kamis (26/10/2017). Para penari yang tampil berasal dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tarian yang ditampilkan mengambarkan perjuangan para prajurit TNI AU memperbaiki pesawat Chureng peninggalan Jepang, untuk bisa diterbangkan kembali. Perbaikan itu dilakukan pada 25 Oktober 1945 dan pada 26 Oktober 1945 pesawat itu pun dapat diterbangkan.

Untuk pertama kali pula, pesawat tempur yang diterbangkan menggunakan logo merah putih di badan pesawat. “Keberhasilan ini, bukan hanya awal perkembangan TNI AU, namun juga penerbangan pertama pesawat TNI AU,” kata KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Tari kolosal itu mendapat sambutan meriah. Tari tersebut ditutup dengan pembukaan selubung pesawat Chureng yang dihadirkan dalam HUT Koharmatau oleh KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan pesawat dan KSAU juga naik ke pesawat Chureng tersebut. “Ini adalah momen untuk meningkatkan profesionalisme Koharmatau,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4813 seconds (0.1#10.140)