5 Fakta Menarik Tentang Ibnu Sutowo, Nomor 3 Kakek Mertua Dian Sastro

Rabu, 08 November 2023 - 05:54 WIB
loading...
A A A
Pontjo juga merupakan Ketua Aliansi Kebangsaan sekaligus Pemilik PT Indobuildco, pengelola Hotel Sultan Jakarta.

3. Kakek Mertua Dian Sastro


Ibnu Sutowo juga merupakan kakek mertua artis Dian Sastrowardoyo, pemeran Cinta dalam film “Ada Apa dengan Cinta?”. Dian Sastro menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo pada 18 Mei 2010.

Maulana Indraguna Sutowo merupakan cucu dari Ibnu Sutowo. Ayah Maulana adalah anak bungsu Ibnu Sutowo, Adiguna Sutowo.

4. Jadi Nama Rumah Sakit Umum Daerah


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.H.Ibnu Sutowo Baturaja Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berawal dari sebuah klinik kesehatan yang dibuat dan dibangun oleh pemerintahan kolonial belanda pada 1936 dari hasil pungutan cuka para (karet), dengan kesepakatan 13 marga sebagaimana dilansir dari laman resmi RSUD Ibnu Sutowo.

Saat itu, klinik tersebut terdiri dari Poliklinik, IGD, Zaal Laki-laki dan Perempuan, Zaal khusus Penyakit Jiwa, dan Kamar Mayat. Kemudian, jumlah ketenagaan terdiri dari 1 orang dokter dari Belanda dan beberapa perawat.

Klinik ini berubah menjadi rumah sakit setelah penyerahan kedaulatan RI pada 1948 dan diberi nama RS Budiman yang dipimpin oleh seorang dokter Belanda Zr.Josi (dari rumah sakit Pringsewu) pada 1948-1951. Selanjutnya, RS Budiman berubah menjadi RSUD Baturaja pada 1952.

Melalui perkembangan zaman sejak dari bedirinya sampai sekarang bahkan melalui masa-masa kritis pada zaman perang kemerdekaan dan di masa pelaksanaan pembangunan, Rumah Sakit Umum Baturaja telah berulang kali direhab dan dibangun serta diperluas sampai menjadi rumah sakit Type C melalui Surat Keputusan Kepala Daerah Tingkat II Ogan Komering Ulu Nomor : 4 Tahun 1993 tanggal 30 Juni 1993 dan diundangkan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Dati II Ogan Komering Ulu Nomor : 8 Tahun 1993 tanggal 7 Juli 1993 serie D.

Setelah itu, pada 16 September 2002 melalui peraturan daerah kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor: 20 tahun 2002 RSUD Baturaja berubah nama menjadi RSUD Dr.H.Ibnu Sutowo Baturaja.

Lalu, pada 1 Januari 2014 RSUD Dr.H.Ibnu Sutowo sudah berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui penerapan manajemen keuangan berbasis hasil dalam pengelolaan keuangan, sehingga kualitas layanan publik, cepat, efisien, dan efektif dapat dinikmati masyarakat. Pada 17 Juli 2014 telah diresmikan Pelayanan Hemodialisa.

5. Jadi Nama Perpustakaan


Selain menjadi nama RSUD, Ibnu Sutowo juga dijadikan nama perpustakaan Kantor Pusat Pertamina pada Rabu, 5 Maret 2014, yakni The Ibnu Sutowo Library. Dikutip dari laman resmi Pertamina, Revitalisasi perpustakaan juga sudah dilakukan, termasuk penerapan 9001:2008 yang disahkan oleh British Standard Institution (BSI).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)