11 KSAD Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 3 Gugur Ditembak PKI

Minggu, 05 November 2023 - 05:56 WIB
loading...
A A A
Selama menjadi tentara, Ahmad Yani pernah terlibat dalam berbagai pertempuran di antaranya, Pertempuran Ambarawa, Serangan Umum 1 Maret, penumpasan pemberontakan PKI 1948 dan Darul Islam Tentara Islam Indonesia DI/TII, pemberontakan Permesta, Operasi Trikora dan Konfrontasi Indonesia–Malaysia.

Ahmad Yani tercatat sebagai salah satu Pahlawan Revolusi yang gugur dalam tragedi Gerakan 30 September (G30S/PKI). Jenazahnya ditemukan dalam sumur di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur.

11 KSAD Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 3 Gugur Ditembak PKI

4. Jenderal TNI (Purn) Soerono Reksodimedjo

Orang nomor satu di TNI AD ini merupakan kelahiran Banyumas, Jawa Tengah pada 6 September 1923. Soerono tercatat sebagai KSAD ke-10 yang menjabat sejak 27 April 1973 – 10 Mei 1974.

Mengawali karier militernya sebagai Kaizabu Syutjo/Dainippon, kemudian Syudanco/PETA, Soerono banyak merupakan perwira TNI AD dengan karier yang cukup cemerlang. Dia pernah menduduki sejumlah posisi strategis di antaranya, Gubernur AMN, Magelang kemudian Pangdam IV Diponegoro dan Pangkowilhan II Jawa Madura.

Soerono kemudian menduduki jabatan tertinggi di TNI AD dengan menjabat KSAD selama setahun sejak 1973 hingga 1974. Dia kemudian diangkat menjadi Wakil Panglima ABRI. Selain di militer, Soerono juga pernah menduduki Menko Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) dan Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di era pemerintahan Presiden Soeharto.

11 KSAD Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 3 Gugur Ditembak PKI

5. Jenderal TNI (Purn) Poniman

KSAD kelahiran Jawa Tengah lainnya yakni, Jenderal TNI (Purn) Poniman. Lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah pada 18 Juli 1926, Poniman tercatat sebagai KSAD ke-13 yang menjabat selama tiga tahun pada periode 1980-1983.

Mengawali karier militernya dengan menjadi tentara sukarela Pembela Tanah Air (PETA), Poniman merupakan prajurit TNI yang sangat cerdas. Tak heran, berbagai posisi penting di TNI AD dipercayakan kepada Poniman di antaranya, Danrem Purwakarta Kodam VI/Siliwangi, Danrem Priateng Kodam VI/Siliwangi, dan Danrem Suryakencana Kodam VI/Siliwangi.

Kariernya terus meningkat, Poniman diangkat menjadi Pangdam III/17 Agustus, kemudian Pangdam XV/Pattimura, hingga Pangdam V/Jayakarta. Kariernya terus mentereng, Poniman selanjutnya dipercaya menjadi Pangkostrad, Pangkowilhan I, Deputi KSAD sebelum akhirnya menjadi KSAD.

11 KSAD Kelahiran Jawa Tengah, Nomor 3 Gugur Ditembak PKI

6. Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto

Tokoh militer Indonesia kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 14 November 1948 ini tercatat sebagai KSAD ke-21. Tyasno Sudarto menjabat KSAD selama setahun sejak 1999 hingga 2000.

Mantan Pangdam IV/Diponegoro ini merupakan abituren atau Akademi Militer (Akmil) 1970. Selama pengabdiannya di TNI, mantan Kepala BAIS TNI ini pernah diterjunkan dalam Operasi Seroja di Timor Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste. Setelah menjabat Kepala BAIS TNI, Tyasno Sudarto akhirnya diangkat menjadi KSAD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)