Antisipasi Bencana Banjir, Ini yang Dilakukan Menteri Sofyan Djalil

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:39 WIB
loading...
Antisipasi Bencana Banjir, Ini yang Dilakukan Menteri Sofyan Djalil
Menteri Sofyan Djalil saat memasang Pelang Peringatan Banjir di dekat Rusun Lokbin Tegal Alur, Jakarta Barat, Rabu (5/8/2020), dengan didampingi pejabat Dirjen. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bencana banjir yang kerap kali melanda kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Bandung, dan lainnya, membuat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, melakukan sejumlah pengecekan untuk menghadapi musim penghujan.

(Baca juga: Jokowi Sampaikan Duka Cita Kepada Korban Banjir Bandang Masamba)

Hal ini dikatakan Menteri Sofyan Djalil saat memasang Pelang Peringatan Banjir di dekat Rusun Lokbin Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (5/8/2020), dengan didampingi pejabat Dirjen.

(Baca juga: BNPB Sebut Sepanjang 2020 Sebanyak 1.724 Bencana Melanda Indonesia)

Tampak hadir juga di lokasi, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta Jaya, bersama Kepala Kantor Pertanahan Kota Administasi Jakarta Barat, Nandang Agus Taruna.

Usai memasang pelang, Sofyan Djalil bersama rombongan meninjau Kali Semongol, yang tidak jauh dari lokasi pemasangan plang. Kemudian berdialog dengan warga di lobby Rusun Lokbin Tegal Alur.

"Pemasangan pelang peringatan banjir yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berkerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan masyarakat setempat, dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran
masyarakat di kawasan rawan bencana banjir dan diharapkan masyarakat menjadi lebih adaptif terhadap bencana banjir," kata Sofyan.

Bilamana terjadi banjir kata Sofyan Djalil, pelang peringatan banjir tersebut berfungsi memberikan panduan bagi masyarakat setempat untuk memonitor ketinggian banjir dan memandu kapan waktunya masyarakat harus segera meninggalkan rumah menuju ke ruang evakuasi bencana.

"Berbasis teknologi informasi, melalui barcode di papan plang, masyarakat dapat memperoleh informasi peta banjir terakhir dan informasi ruang evakuasi bencana terdekat, disertai rute tercepat menuju ruang evakuasi di lokasi masing-masing," jelas Sofyan.

Diharapkan dengan adanya pemasangan plang peringatan banjir ini menurut Sofyan, dapat meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana banjir guna meminimalisir kerugian dan korban jiwa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)