Deretan Menteri Alumni Fakultas Hukum UGM, Mahfud MD Salah Satunya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 10:30 WIB
loading...
Deretan Menteri Alumni Fakultas Hukum UGM, Mahfud MD Salah Satunya
Banyak alumni Fakultas Hukum UGM yang menjadi menteri. Salah satunya Mahfud MD. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat enam menteri yang merupakan alumni Fakultas Hukum UGM . Universitas Gadjah Mada (UGM) telah dikenal sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia.

Tak heran jika beberapa alumninya kini telah menjadi tokoh politik terkemuka. Sebut saja Presiden Joko Widodo yang berasal dari Fakultas Kehutanan UGM, atau Muhadjir Effendy yang jadi Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) adalah pemegang gelar Magister Administrasi publik UGM.

Sementara untuk Fakultas Hukum UGM sendiri juga tak kalah menyumbangkan beberapa tokoh populer seperti Otto Hasibuan. Cukup banyak juga alumni fakultas ini yang menjadi menteri, baik di masa lalu maupun yang masih menjabat saat ini.

Menteri yang Berasal dari Alumni Fakultas Hukum UGM


1. Mohammad Syafaat Mintaredja


Mohammad Syafaat Mintaredja merupakan tokoh politik yang berkiprah di era orde baru. Dirinya sempat menjabat sebagai Menteri Negara Penyelenggaraan Hubungan antara Lembaga Tinggi Negara dan Menteri Sosial pada Kabinet Pembangunan I dan II.



Pria yang berasal dari Bogor ini tercatat sempat menuntut ilmu di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta, dan Fakultas Hukum Universitas Leiden, Belanda.

2. Sunawar Sukowati


Sebelum terjun ke dunia politik, Sunawar Sukowati dikenal sebagai pengacara yang andal pada era Orde Baru. Hingga kemudian dia dipercaya sebagai Menteri Negara Bidang Pengawasan Proyek-proyek Pemerintah atau yang kini dikenal dengan Kepala Bappenas yang menjabat pada 10 Juni 1968 hingga 9 September 1971.



Pria yang lahir pada 6 September 1922 ini juga sempat menjabat sebagai Menteri Negara Kesejahteraan Rakyat pada 28 Maret 1973 hingga 29 Maret 1978. Dia tercatat sebagai salah satu pemilik gelar Sarjana Hukum dari Universitas Gadjah Mada, sebelum akhirnya Sunawar mendapat gelar doktor dalam bidang Ekonomi Universitas Padjadjaran, Bandung.

3. Lasiyah Soetanto


Lasiyah Soetanto merupakan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan yang menjabat pada tahun 1983 hingga tahun 1987 dalam Kabinet Pembangunan IV.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)