Andika Perkasa: Teknologi dan Inovasi Kunci Pendidikan Masa Depan Indonesia

Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:58 WIB
loading...
Andika Perkasa: Teknologi dan Inovasi Kunci Pendidikan Masa Depan Indonesia
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menyebut teknologi dan inovasi merupakan kunci pendidikan masa depan.. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menyebut teknologi dan inovasi merupakan kunci pendidikan masa depan. Hal itu penting di tengah sengitnya kompetisi global.

Menurut Andika, pemerintah mendatang diharapkan tetap menjaga fokus pembangunan ekonomi. Karena itu, siapa pun yang akan terpilih sebagai pemimpin Indonesia mendatang harus memastikan keberlanjutan pembangunan bidang ekonomi. Karena hal ini penting untuk memastikan bonus demografi dapat dinikmati positif oleh Indonesia.

“Mempertajam fokus pada sektor ekonomi adalah yang harus dilakukan oleh pemerintah ke depan,” ujar Andika Perkasa, di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (18/10/2023).



Menurutnya, pengoptimalan teknologi adalah instrumen vital untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan teknologi yang sudah mature, pemanfaatan lebih lanjut harus dilakukan. Termasuk dalam sektor pendidikan, dengan menciptakan sekolah virtual dan mengintegrasikan Artificial Intelligence (AI) dalam metode pengajaran.



“Ke depan tentu saja pemanfaatan artificial intelligence dalam dunia pengajaran bisa dilakukan. Hal ini sudah mulai dilakukan di salah satu tempat di Amerika Serikat,” kata Andika, menggarisbawahi potensi teknologi dalam memperbarui dan mengembangkan metode pengajaran. Berbicara kepada generasi Z, Andika mengingatkan, "Gen-Z sudah semestinya terus membangun soft power."

Andika mendorong mereka untuk tidak takut bersaing dan berinovasi dalam menghadapi tantangan masa depan. Juga penting, menegaskan bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia mampu bersaing di kancah internasional.

Mengakhiri kuliahnya, Andika menyampaikan optimisme terhadap kemampuan generasi muda Indonesia dalam menghadapi kompetisi global, dan memotivasi mereka untuk terus bereksplorasi dan memaksimalkan potensi diri dalam berbagai aspek. Terutama dalam penguatan ekonomi dan pendidikan di Indonesia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)