6 Tanda Kehormatan yang Dimiliki Jenderal Andika Perkasa

Minggu, 15 Oktober 2023 - 11:09 WIB
loading...
6 Tanda Kehormatan yang Dimiliki Jenderal Andika Perkasa
Andika Perkasa adalah Purnawirawan TNI Angkatan Darat yang memiliki enam tanda kehormatan atas dedikasi dan kinerjanya selama ini sebagai Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Andika Perkasa adalah Purnawirawan TNI Angkatan Darat yang memiliki enam tanda kehormatan atas dedikasi dan kinerjanya selama ini sebagai Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat.

Jenderal TNI Angkatan Darat ini mengemban tugas sebagai Panglima TNI pada periode 2021 hingga 2020 setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSD) sejak tahun 2018 silam.



Sebagaiseorang yang memiliki jabatan tinggi di dunia militer, bukan hal yang mengejutkan jika dirinya dianugerahi belasan brevet. Dari jajaran brevet yang tersemat di dadanya, enam di antaranya adalah brevet kehormatan.

Lantas apa arti 6 tanda kehormatan yang dimiliki Andika Perkasa? Berikut ulasannya:

Tanda Kehormatan yang Dimiliki Andika Perkasa

1. Wing Penerbang TNI AU Kelas I (2019)

Brevet Wing Penerbang TNI AU Kelas I adalah brevet kehormatan pertama yang dianugerahkan kepada Jenderal Andika Perkasa pada tahun 2019. Brevet ini didapat saat dirinya masih menjabat sebagai KSAD.

Tak hanya Jenderal Andika Perkasa, Brevet Wing Penerbang TNI AU Kelas I juga dianugerahi kepada KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Hal ini atas dasar kerja sama tiga matra TNI.

2. Brevet Trimedia Intai Amfibi Korps Marinir (2022)

Jenderal Andika Perkasa saat menjabat sebagai Panglima TNI diberi penghargaan sebagai warga kehormatan Pasukan Petarung Baret Ungu Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Penghormatan tersebut diberikan kepada Andika dalam suatu acara resmi di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau, pada tanggal 4 Juli 2022, yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

3. Brevet Anti-Teror Aspek Laut (2022)

Tak hanya penyematan Brevet Trimedia Intai Amfibi Korps Marinir, Jenderal Andika Perkasa juga dianugerahi Brevet Anti-Teror Aspek Laut oleh korps TNI Angkatan Laut di momen yang sama.

4. Brevet Komando Kopasgat (2022)

Dilansir dari laman resmi TNI AU, melalui Komando Pasukan Gerak Cepat TNI Angkatan Udara, memberikan gelar warga kehormatan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Panglima TNI menerima penghargaan tersebut melalui upacara penyematan dan pembaretan yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Agustinus Gustaf Brugman di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Kamis 20 Oktober 2022.

5. Brevet Anti Teror Aspek Udara (2022)

Penyematan Brevet Anti Teror Aspek Udara bersamaan dengan momen penyematan brevet Komando Kopasgat. Setelah penyematan brevet ini, Panglima TNI Andika Perkasa langsung membersamai latihan Trisula Perkasa Kopasgat 2022 di Bandara Karangjati.


6. Brevet Pengendali Tempur (2022)

Tak hanya brevet Komando Kopasgat dan brevet Anti Teror Aspek Udara, Panglima TNI Andika Perkasa juga dianugerahi brevet Pengendali Tempur di momen yang sama. Hal ini menandakan Andika Perkasa merupakan warga kehormatan Kopasgat dengan penyematan tiga brevet tersebut.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)