Anggota DPR Ini Ajak Masyarakat untuk Bisa Mandiri

Rabu, 09 Agustus 2017 - 18:01 WIB
Anggota DPR Ini Ajak Masyarakat untuk Bisa Mandiri
Anggota DPR Ini Ajak Masyarakat untuk Bisa Mandiri
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI, Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) kendaraan bermotor roda dua, konveksi, olahan kue kering dan konveksi Batik.

Acara yang digelar pada 7-11 Agustus ini bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan dilaksanakan di Hotel Samala, Jalan Daan Mogot Kav.2, Cengkareng Jakarta Barat.

Dalam sambutannya Adang Daradjatun menyampaikan bahwa telah banyak yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya Industri IKM.

Ini untuk memperbesar porsi IKM dalam menopang roda perekonomian nasional, diantaranya, Pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR), khususnya melalui bank-bank pemerintah dengan bunga dan persyaratan yang jauh lebih mudah.

Kemudian sambung politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, pentingnya untuk melakukan pelatihan-pelatihan agar meningkatkan kualitas produksi dan memberikan peralatan modal awal.

"Gunakan kesempatan mengikuti acara pelatihan dan bimbingan teknis produksi dan wirausaha service motor roda dua, konveksi, olahan kue kering, dan konveksi batik ini agar menjadi keahlian yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Adang dalam siaran pers, Rabu (9/8/2017).

Adang melanjutkan, keahlian dan keterampilan beriwarusaha serta memproduksi penting bagi wirausahawan pemula juga bagi wirausahawan yang melanjutkan usaha yang telah ada.

"Semoga pelatihan ini dapat memberi manfaat besar bagi kemajuan usaha, kemandirian bangsa, dan kesejahteraan rakyat," tambahnya.

Sementara, Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu, dan Furnitur Kemenperin Sudarto mengungkapkan satu fungsi Kemenperin adalah menyelenggarakan pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Perindustrian di daerah. Bimtek ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya wirausaha baru di Jakarta.

Kemenperin juga mempunyai target untuk menumbuhkan sejumlah wirausaha baru dalam mengembangkan industri nasional. Dalam hal ini kementerian tidak membuka pabrik-pabrik baru, namun meningkatkan kemandirian dan kemampuan SDM di daerah-daerah melalui bimtek dengan membekali keterampilan, mendampingi dan mendorong masyarakat agar bisa membuka usaha sendiri.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4812 seconds (0.1#10.140)