Putusan MK Batas Usia Capres-cawapres, Jokowi: Saya Tak Ingin Berpendapat Nanti Bisa Salah Dimengerti

Senin, 16 Oktober 2023 - 20:27 WIB
loading...
Putusan MK Batas Usia Capres-cawapres, Jokowi: Saya Tak Ingin Berpendapat Nanti Bisa Salah Dimengerti
Presiden Jokowi enggan berpendapat terkait putusan MK yang mengabulkan sebagian gugatan perkara bernomor 90/PUU-XXI/2023. Foto/YouTube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan berpendapat terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan perkara bernomor 90/PUU-XXI/2023 yang diajukan mahasiswa asal Surakarta, Almas Tsaqibbirru Re A.

Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk menanyakan langsung kepada MK. Jokowi tidak ingin memberikan komentar mengenai putusan tersebut.

"Mengenai putusan MK silakan ditanyakan ke Mahkamah Konstitusi, jangan saya yang berkomentar," ungkap Jokowi dalam keterangannya yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/10/2023).

Jokowi meminta semua pihak lebih baik meminta tanggapan kepada pakar hukum. Jokowi tidak ingin berkomentar, karena tidak ingin mencampuri kewenangan yudikatif.

"Silakan juga pakar hukum yang menilainya. Saya tidak ingin memberikan pendapat atas putusan MK nanti bisa disalah mengerti seolah-olah saya mencampuri kewenangan yudikatif," kata Jokowi.



Diberitakan sebelumnya, MK mengabulkan permohonan materiil Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) soal batas usia Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres Cawapres) yang diajukan oleh Almas Tsaqibbirru Re A.

Dalam perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 itu, Almas Tsaqibbirru Re A meminta MK mengubah batas usia minimal capres-cawapres menjadi 40 tahun atau memiliki pengalaman sebagai kepala daerah baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Mengabulkan Permohonan Pemohon untuk sebagian," ujar Ketua MK, Anwar Usman dalam sidang pembacaan putusan di gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023).

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)