Mengenal Seknas Jokowi, Organisasi Relawan yang Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden dan Dikunjungi Kaesang

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 21:26 WIB
loading...
Mengenal Seknas Jokowi, Organisasi Relawan yang Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden dan Dikunjungi Kaesang
Kunjungan mengejutkan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep ke Kantor Seknas Jokowi di Jakarta Selatan telah menarik perhatian publik belakangan ini. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Kunjungan mengejutkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep ke Kantor Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Jakarta Selatan telah menarik perhatian publik belakangan ini.

Terlebih, Seknas Jokowi sendiri merupakan organisasi relawan yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres dalam Pilpres 2024. Belum banyak yang tahu sebenarnya apa organisasi relawan Jokowi ini dan apa yang mereka lakukan? Berikut profilnya.



Profil Seknas Jokowi
Seknas Jokowi atau yang memiliki kepanjangan nama Sekretariat Nasional Jaringan Organisasi Komunitas Warga Indonesia adalah organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo. Sudah berkiprah sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, organisasi ini diyakini merupakan organisasi yang loyal dukungannya terhadap Presiden Jokowi.

Seknas Jokowi ini merupakan organisasi yang penuh dengan kesukarelawanan. Tanpa diimbali dengan jabatan tertentu dari Presiden Jokowi, organisasi ini ikhlas berjuang menyuarakan tokoh yang didukungnya tersebut melalui serangkaian acara seperti turun ke jalan hingga menggelar diskusi publik.

Organisasi relawan ini kini dipimpin oleh Rambun Tjajo sebagai Ketua Umum untuk periode 2021-2026. Pada tahun 2021, Seknas Jokowi mengadakan Kongres Seknas pertama kalinya dan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Dalam kongres tersebut, Jokowi mengenang karier perjalanan politiknya dengan bernostalgia bahwa Seknas Jokowi merupakan organisasi relawan pertama yang ia kunjungi.

Dalam kongres yang pernah Seknas Jokowi adakan, agenda umumnya berkisar seputar situasi politik yang sedang terjadi di Indonesia, tak terkecuali dengan siklus politik elektoral kepresidenan, yang dimana mereka masih menyatakan akan terlibat ke depannya.

Antara Seknas Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Kaesang
Pada 16 September 2023 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seknas Jokowi, organisasi relawan Jokowi tersebut melakukan langkah politik pasti untuk 2024. Mereka mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 yang didukungnya.

Di acara yang dihadiri oleh Presiden Jokowi tersebut, Ketua Umum Seknas Jokowi yaitu Rambun Tjajo menyebutkan bahwa sekitar 90% relawan Presiden Jokowi mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. Alasan mereka mendeklarasikan Ganjar sebagai Presiden 2024 yang didukung mereka adalah karena alasan rasional bukan emosional.

"Saya sampaikan Ganjar ini hampir semua aspeknya itu mirip sama Pak Jokowi. Jadi kalau pilihan kita adalah Mas Ganjar itu bukan pilihan emosional, bukan soal suka tidak suka, tetapi pilihan rasional. Pilihan rasional itu patokannya Pak Jokowi,” ungkap Rambun di hadapan Presiden Jokowi.

Setelah deklarasi tersebut, kurang dari sebulan Seknas Jokowi disambangi oleh Ketua Umum PSI yang baru yakni putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Kaesang Pangarep datang bersama dengan para elite politik PSI. Dalam kunjungannya tersebut, Kaesang memiliki beberapa obrolan dengan Seknas Jokowi seperti komunikasi politik dan masalah Pilpres 2024.

Ketua Umum Seknas Jokowi Rambun Tjajo menyebutkan bahwa ia mengajak Kaesang untuk turut serta mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Uniknya, Kaesang bahkan diajak foto di depan background yang berisikan foto Ganjar Pranowo dengan kemeja hitam-putih vertikalnya.

Kaesang sendiri pasca pertemuan tersebut masih belum memberikan jawabannya dan secara bijak mempertimbangkan Ganjar Pranowo sebagai opsi Calon Presiden 2024 yang didukung oleh PSI, namun sambil menunggu hasil saringan aspirasi dari internal PSI dan publik.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)