Cak Imin Kritisi Bergabungnya Andi Widjajanto ke TPN GP, PPP Yakin Lemhannas Netral

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 17:49 WIB
loading...
Cak Imin Kritisi Bergabungnya Andi Widjajanto ke TPN GP, PPP Yakin Lemhannas Netral
Jubir PPP Usman M Tokan turut angkat bicara ihwal pernyataan Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar yang berharap Lemhannas netral meski Andi Widjajanto gabung TPN GP. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Usman M Tokan turut angkat bicara ihwal pernyataan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang berharap Lemhannas netral meski Andi Widjajanto gabung Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) .

Ia meyakini Lemhannas bakal bersikap netral dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Apalagi, kata Usman, berbagai elemen masyarakat termasuk tokoh politik dari beragam partai turut mengikuti pendidikan di Lemhannas.



"Kebetulan saya juga alumni Lemhannas di KRA-35, jadi tahu persis di Lemhannas itu seperti apa. Lemhannas itu punya ikatan alumni, ikatan alumni itu dipegang oleh kelompok yang netral, tidak ke mana-kemana," ujar Usman saat dihubungi, Jumat (13/10/2023).

Kendati demikian, Usman mengatakan Andi Widjajanto tidak akan membawa institusi Lemhannas untuk menyongsong Pilpres 2024. Ia menegaskan bergabungnya Andi Widjajanto ke dalam TPN GP dalam kapasitasnya personal, bukan sebagai Gubernur Lemhannas.

"Nah sehingga kami yakin dan percaya bahwa Mas Andi itu akan netral. Beliau hanya membawa dirinya untuk bersa-sama menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk bagaimana memenangkan Mas Ganjar," terangnya.

"Jadi kami yakin (Lemhannas) akan netral, (Andi Widjajanto) tidak membawa institusi dalam kegiatan (pilpres) itu," sambung Usman.

Sekadar informasi, Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto secara resmi telah bergabung TPN Ganjar Presiden. Bergabungnya Andi Widjajanto diumumkan usai pengurus TPN GP menggelar rapat bersama ketum parpol pendukung Ganjar di Gedung TPN, MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu 11 Oktober 2023.

Andi ditunjuk sebagai Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Presiden. Andi memastikan lembaga yang dipimpinnya akan tetap berada di posisi yang netral dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Saya pasti menjamin bahwa Lembaga Ketahanan Nasional akan sepenuhnya netral, tidak berpolitik praktis dalam proses Pemilu 2024," kata Andi dalam jumpa pers yang dilakukan di Gedung TPN, MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu 11 Oktober 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)