Tiga Sinyal Kaesang Cenderung Dukung Ganjar

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 16:59 WIB
loading...
Tiga Sinyal Kaesang Cenderung Dukung Ganjar
Kaesang Pangarep mengenakan kaus dengan gambar Calon Presiden Ganjar Pranowo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sosok Kaesang Pangarep yang baru-baru ini diangkat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), tengah diperebutkan oleh kubu Ganjar Pranowo dan kompetitornya. Kendati demikian, Kaesang sudah mulai menunjukkan sinyal dukungan yang cenderung mengarah kepada Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Sinyal-sinyal tersebut akan dibahas di bawah ini.

3 Sinyal Kaesang Dukung Ganjar Pranowo

1. Sowan ke PDIP

Ketua DPP PDIP Puan Maharani secara terang-terangan mengajak Kaesang Pangarep dan partainya untuk mendukung Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Puan pasca putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dilantik sebagai ketua umum PSI yang baru menggantikan Giring Ganesha.

Ajakan dari Puan itu disambut baik oleh Kaesang yang menyatakan partainya terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun. Dirinya pun sudah menyatakan niat akan sowan ke PDIP dan baru-baru ini sudah terlaksana ketika ia bertemu dengan Puan Maharani di Ombe Koffie, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan pada hari Kamis, (5/10/2023), Kaesang menganggap PDIP sudah seperti keluarga kendati dirinya saat ini memimpin PSI. Dirinya juga menuturkan bahwa PDIP akan adil kepada PSI jika dirinya dan partai mau mendukung Calon Presiden Ganjar Pranowo.

2. Mengenakan Kaus Bergambar Ganjar Pranowo


Sebelum terpilih sebagai ketua umum PSI, Kaesang Pangarep pernah terlihat mengenakan kaus dengan gambar Calon Presiden Ganjar Pranowo. Gambar tersebut menggambarkan wajah ceria Ganjar dengan latar belakang merah, dan terdapat tulisan "Tugiman" di bagian bawah dan "GP" di bagian atas kiri kaus.



Foto putra bungsu Jokowi mengenakan kaus tersebut sempat menjadi viral dan ramai diperbincangkan di media sosial karena diunggah pada bulan Juli 2023. Banyak pihak yang menginterpretasikannya sebagai dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk meneruskan jejak, Presiden Jokowi.

3. Berfoto di Depan Poster Ganjar Pranowo ketika Mengunjungi Seknas Jokowi


Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama dengan sejumlah petinggi PSI mendatangi Kantor Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Kaesang tiba di lokasi bersama rombongan yang terdiri dari Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Anggota Dewan Pembina PSI Giring Ganesha, serta Isyana Bagoes Oka. Mereka disambut oleh Ketua Umum Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi Rambun Tjajo dan sejumlah relawan Seknas Jokowi.

Salah satu momen menarik adalah ketika Kaesang berfoto bersama Rambun Tjajo di depan poster Ganjar Pranowo yang mengenakan baju hitam putih bergaris dengan tulisan "Seknas Jokowi For Ganjar President." Dalam foto tersebut, Kaesang dan Rambun mengacungkan jempol masing-masing.

Kendati Kaesang dan PSI belum menentukan arah dukungannya, beberapa pihak menilai hal tersebut sebagai tanda dukungan.

Itulah tiga sinyal kecenderungan Kaesang Pangarep dan PSI dalam mendukung Calon Presiden Ganjar Pranowo. Ternyata putra bungsu Presiden Jokowi itu, meskipun belum mendeklarasikan arah dukungan namun telah memberikan sejumlah sinyal yang berpotensi mengarah ke Ganjar Pranowo.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)