Hari Kesehatan TNI AL ke-75, Aspers KSAL Sebut Rencana Pembangunan 3 Rumah Sakit Baru

Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:22 WIB
loading...
Hari Kesehatan TNI AL ke-75, Aspers KSAL Sebut Rencana Pembangunan 3 Rumah Sakit Baru
Aspers KSAL Laksamana Muda (Laskda) TNI P. Rahmad Wahyudi menginstruksikan kepada seluruh prajurit TNI AL agar menjaga kesehatan. Foto/TNI AL
A A A
JAKARTA - Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers KSAL) Laksamana Muda (Laskda) TNI P. Rahmad Wahyudi menginstruksikan kepada seluruh prajurit TNI AL agar menjaga kesehatan. Dengan demikian, setiap tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Hal itu disampaikan Wahyudi dalam amanatnya ketika menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut ke-75 yang diselenggarakan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut 2023 kali ini mengambil tema “Dengan Semangat Jalesveva Jaya Mahe, Kesehatan TNI Angkatan Laut yang Solid, Loyal, dan Militan siap mendukung TNI Angkatan Laut Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

Wahyudi menyatakan, Hari Kesehatan TNI AL yang diselenggarakan setiap 9 Oktober bukan hanya milik warga kesehatan TNI AL saja namun juga perayaan bagi seluruh pesonel TNI AL beserta keluarganya. "Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut menjadi momentum yang tepat bagi seluruh anggota dan keluarga untuk senantiasa hidup sehat," ujarnya.


Selain itu, peringatan ini juga sekaligus sebagai evaluasi dan instrospeksi diri serta mengukur tingkat kesiapan dan pengabdian personel kesehatan dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk kesehatan personel TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

“Pembinaan kesehatan bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab jajaran kesehatan saja tetapi satu kesatuan dari sistem pembinaan personel fungsi komando oleh karena itu setiap pemimpin mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk membina kesehatan dan kesiapan fisik maupun mental anggotanya agar selalu siap dalam melaksanakan tugasnya,” ungkapnya.



Terkait dengan Pelayanan Kesehatan di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Wahyudi mengingatkan agar Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) terus ditingkatkan sesuai standar mutu pelayanan kesehatan serta terakreditasi.

Selain melaksanakan upacara, peringatan Hari Kesehatan TNI AL juga diisi dengan Seminar Internasional Kesehatan yang diselenggarakan pada 17 September 2023, Sarasehan Kesehatan pada 25 September 2023.

Termasuk bakti kesehatan, ziarah ke makam tokoh kesehatan Angkatan Laut yang namanya diabadikan menjadi nama KRI yakni dr. Suharso, dr. Wahidin, dan dr. Rajiman. Kemudian pemilihan prajurit kesehatan teladan, pemilihan fasilitas kesehatan (Faskes) dan rumah sakit teladan dan syukuran.

“Menghadapi tantangan ke depan, TNI AL akan membangun tiga rumah sakit baru yaitu, RSAL Tingkat III Lantamal II Padang, RSAL Tingkat III Lantamal XII Pontianak dan RSAL TK II Soekantyo Jahya Puspenerbal serta peningkatan RSAL Tingkat III dr. Oetoyo Sorong menjadi RSAL Tingkat II sekaligus pemenuhan alkes di Faskes TNI AL,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)