Ganjar Pranowo Kagum dengan Aksi Pancawara Bali Bersihkan Sampah

Senin, 09 Oktober 2023 - 21:23 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Kagum dengan Aksi Pancawara Bali Bersihkan Sampah
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo mengaku kagum dengan lima pemuda Bali yang menyadari betapa pentingnya untuk merawat lingkungan. Pemuda yang tergabung dalam kelompok Pancawara Bali rela berkotor-kotor dan masuk got maupun selokan untuk membersihkan sampah.

Kisah kelima aksi pemuda tersebut didengarkan Ganjar Pranowo dengan seksama saat menyapa dan mengunjungi para generasi muda di acara Maju Bersama Ganjar (MABAR) di Kebon Vintage Cars Bali Classic, Denpasar, Bali, Sabtu (17/6/2023).

Febrian, salah satu anggota dari kelompok Pancawara Bali mengatakan bahwa memang kelompok pencinta lingkungan tersebut didirikan oleh lima orang pemuda. Kendati demikian, salah satu anggota mengundurkan diri karena satu dan lain hal, sehingga menyisakan empat pemuda yang terdiri dari I Komang Irfan Febrian (18), Kadek Krisna Winanta (18), Ketut Jian Ananda Putra (20), dan I Putu Kompiang Swastika (19).

Namun, Febrian menegaskan kepada Ganjar Pranowo bahwa Pancawara Bali akan terus ada dan dengan berjalannya waktu akan berlipat ganja jumlah anggotanya. Bahkan, dirinya juga menuturkan bahwa saat ini sebenarnya kelompok tersebut sudah memiliki 85 anggota yang siap untuk terjun langsung ke lapangan untuk memungut sampah.



“Komunitas kita ada di Telegram sebanyak 85 orang dan ada di Instagram maupun WhatsApp juga ada grup-grup,” tutur Febrian yang duduk sejajar dengan mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Kemudian, Febrian menceritakan pengalaman Pancawara Bali dalam membersihkan sampah di got maupun selokan. Menurutnya, selama melakukan pembersihan dirinya dan teman-temannya kerap dikagetkan karena sering menemui banyak binatang liar yang cukup berbahaya seperti ular, lintah, dan kaki seribu. Bahkan, Febrian mengaku pernah ada kaki seribu yang pernah masuk ke dirinya.

"Kita bersih-bersih itu di dekat sana banyak ular-ular binatang yang ada. Yang paling banyak kita terkena itu, lintah. Paling sering lintah, maupun kaki seribu. Saya pernah masuk ini (kaki seribu sampai ke perut),” ujar Febrian.

Mendengar hal tersebut, Ganjar mengaku tak habis pikir dengan kegiatan para pemuda yang sangat mendorong pentingnya untuk merawat lingkungan. Dirinya pun menanyakan apakah Pancawara Bali selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika turun ke lapangan untuk membersihkan sampah.

“Oh, anu ya waterproof. Pakai sepatu gitu?” tanya Ganjar ke Pancawara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)