Yusuf Lakaseng Perindo Minta Ciptakan Pesta Demokrasi Sehat

Senin, 09 Oktober 2023 - 11:26 WIB
loading...
Yusuf Lakaseng Perindo Minta Ciptakan Pesta Demokrasi Sehat
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Politik Yusuf Lakaseng turut berkomentar terkait pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak ingin ada perpecahan saat Pemilu 2024. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Politik Yusuf Lakaseng turut berkomentar terkait pernyataan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang tak ingin ada perpecahan saat Pemilu 2024. Menurut Yusuf, kontestasi politik tidak akan menghasilkan perpecahan jika yang diutamakan adalah gagasan, rekam jejak, dan prestasi.

"Sebaliknya akan memecah belah jika untuk menang menghalalkan segala cara dengan menyebar hoaks, kampanye hitam, dan politik uang," kata Yusuf kepada wartawan, Minggu (8/10/2023).

Dalam kontestasi pemilu, lanjut Yusuf, rakyat harus diberikan hak yang sama dalam memilih calon pemimpin. Begitu pula para calon pemimpin juga harus diberikan ruang seluas-luasnya untuk menyampaikan gagasan untuk Indonesia ke depan.





"Para kandidat harus diberi ruang yang sama dan seluas-luasnya untuk menyampaikan gagasan serta programnya dan rakyat harus berfungsi sebagai juri yang akan menilai dan memilihnya," jelas pria yang juga merupakan Caleg DPR RI Dapil Sulawesi Tengah ini.

Dia mengatakan, tantangan demokrasi Indonesia adalah liberalisme politik di tengah rendahnya literasi politik. Hal itu dikarenakan masih banyak rakyat berpendidikan rendah serta tingkat kemiskinan yang masih sangat tinggi.

Akibatnya, rakyat mudah diadu domba dan budaya politik uang menjadi sangat marak. "Demokrasi akan rasional dan sehat seiring meningkatnya tingkat pendidikan dan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan perbedaan pilihan saat pesta demokrasi Pemilu 2024 merupakan hal yang sangat biasa. Jokowi tidak ingin dengan perbedaan itu justru mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2431 seconds (0.1#10.140)