Kemampuan Manajerial Mumpuni, Erick Thohir Dinilai Sangat Layak Jadi Pemimpin Bangsa

Senin, 02 Oktober 2023 - 05:44 WIB
loading...
Kemampuan Manajerial Mumpuni, Erick Thohir Dinilai Sangat Layak Jadi Pemimpin Bangsa
Pengamat Politik Fachry Ali menilai Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu sosok yang mumpuni menjadi pemimpin bangsa Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Fachry Ali menilai Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu sosok yang mumpuni menjadi pemimpin bangsa Indonesia. Pasalnya, Erick memiliki kemampuan manejerial yang layak dan memiliki hubungan dengan dunia global.

"Jadi saya pernah sampaikan Erick tokoh yang sangat layak untuk memimpin bangsa ini karena kemampuan manajerial dia, hubungan dia dengan dunia global, penguasaan terhadap dunia global, dan seterusnya, itu cukup bagus," ujar Fachry kepada wartawan, Minggu (1/10/2023).



Menurutnya, seluruh tokoh itu sejatinya layak dalam memimpin bangsa Indonesia, khususnya Erick Thohir. Erick menjadi salah satu orang yang dinilainya mumpuni untuk meminpin bangsa Indonesia.

Lebih jauh, kata dia, Erick juga dapat diterima dengan baik di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Pasalnya, Erick pernah didapuk menjadi Ketua Panitia Peringatan 1 Abad NU.

"Kalau di NU itu kan harus dilihat indikasinya. Salah satu indikasinya dia Ketua Panitia Satu Abad NU. Kira-kira begitu. Tapi kita nggak tahu satu persatu apa yang mereka katakan, tapi faktanya dia panitia Satu Abad NU," jelasnya.

Sekadar informasi, dalam survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Erick Thohir merupakan salah satu sosok cawapres yang paling didukung Presiden Joko Widodo. Survei itu dirilis oleh Indiktor Politik Indonesia pada Sabtu 30 September 2023 kemarin.

Selain itu, Erick Thohir mendapat dukungan tertinggi dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dalam bursa calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Erick unggul atas nama-nama lain yang selama ini identik dengan NU.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dukungan NU untuk Erick Thohir sebagai cawapres mengungguli nama-nama lain yang dekat dan terafiliasi dengan NU, seperti Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan/Menko Polhukam), Muhaimin Iskandar (Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa/PKB), bahkan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

"Dari base 45,5% responden yang bagian dari NU, 15,6%-nya mendukung Erick Thohir sebagai cawapres," kata Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk 'Swing Voters, Efek Sosialisasi, dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024' secara virtual, Sabtu 30 September 2023.



Survei yang dilakukan pada 25 Agustus-3 September 2023 ini menempatkan 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3662 seconds (0.1#10.140)