Bursa Cawapres: Nahdliyin Lebih Pilih Erick Thohir daripada Mahfud, Cak Imin, atau Khofifah

Sabtu, 30 September 2023 - 20:33 WIB
loading...
Bursa Cawapres: Nahdliyin Lebih Pilih Erick Thohir daripada Mahfud, Cak Imin, atau Khofifah
Erick Thohir memberikan sambutan dalam peringatan 1 Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Februari 2023. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE INEWS
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mendapat dukungan tertinggi dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024. Erick unggul atas nama-nama lain yang selama ini identik dengan NU.

Temuan menarik ini merupakan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dirilis, Sabtu (30/9/2023). Survei yang dilakukan pada 25 Agustus-3 September 2023 ini menempatkan 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dukungan NU untuk Erick Thohir sebagai cawapres mengungguli nama-nama lain yang dekat dan terafiliasi dengan NU, seperti Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan/Menko Polhukam), Muhaimin Iskandar (Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa/PKB), bahkan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).



"Dari base 45,5% responden yang bagian dari NU, 15,6%-nya mendukung Erick Thohir sebagai cawapres," kata Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk 'Swing Voters, Efek Sosialisasi, dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024' secara virtual, Sabtu (30/9).

Menurut Burhanuddin, dukungan untuk Mahfud dari responden NU hanya berada di angka 7,2%. Angkanya semakin mengecil ketika dikaitkan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), yakni hanya 0,7%.

"Dukungan untuk Khofifah dari responden yang merasa bagian dari NU jumlah lebih besar ketimbang Mahfud dan Cak Imin, yakni 8,5%. Namun, masih lebih kecil ketimbang Erick Thohir," kata Burhanuddin.

Dalam data Indikator, dukungan untuk Erick sebagai cawapres juga muncul bukan hanya dari nahdliyin. Responden yang merasa bagian dari Muhammadiyah juga memberikan dukungan yang cukup signifikan untuk Erick, angkanya mencapai 10,7%.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)