5 Kelompok Ini Rentan Terpapar Covid-19

Senin, 03 Agustus 2020 - 17:01 WIB
loading...
5 Kelompok Ini Rentan Terpapar Covid-19
Simulasi penanganan pasien corona (Covid-19). Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengungkapkan ada lima kelompok rentan terpapar virus corona ( Covid-19 ). Salah satunya, lanjut usia (lansia).

"Jadi, kalau kita melihat dari literatur internasional, ada berapa kelompok rentan. Ini ada beberapa macam,” kata Dewi di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB , Jakarta, Senin (3/8/2020).

Pertama adalah kelompok usia lanjut/berumur di atas 60 tahun. "Kalau dari segi usia bisa melihat bahwa mereka yang mengalami infeksi Covid yang berusia lebih dari 60 tahun ke atas ini memiliki angka fatalitas tertinggi. Jadi usia yang lebih lebih lanjut usia ini satu," jelas Dewi.

Kedua adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. "Contohnya apa? Ini adalah mereka yang menderita HIV AIDS, autoimun, ini mereka daya tahan tubuhnya sudah rendah," kata Dewi.( ).

Ketiga adalah memiliki penyakit penyerta. Dewi mengatakan mereka yang memiliki kondisi penyerta yaitu kondisi yang sudah dimiliki sebelumnya. "Misalnya gangguan ginjal, gangguan napas, gangguan jantung yang sudah dimiliki. Nah ini dapat mengakibatkan fatalitas tinggi," katanya.

Keempat adalah memiliki kelebihan berat badan serius di atas berat badan ideal (BMI). "Mereka yang memiliki kelebihan berat badan yang cukup tinggi, BMI atau berat badan idealnya lebih dari 40," kata Dewi.( ).

Kelima, lanjut Dewi, adalah kelompok Ibu hamil. Dewi pun mengatakan kelompok-kelompok ini dapat diartikan bahwa siapa pun bisa terpapar Covid-19. "Ini bisa saja, siapa pun, termasuk ayah ibu kita, paman bibi kita, kakek nenek kita, yang mungkin memiliki kondisi penyerta atau usianya sudah lebih lanjut usia," tegasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4078 seconds (0.1#10.140)