Galangan Kapal Swasta Terdepan Dorong Kemandirian Alutsista

Selasa, 26 September 2023 - 05:17 WIB
loading...
Galangan Kapal Swasta Terdepan Dorong Kemandirian Alutsista
Ilustrasi: Masyudi/SINDOnews
A A A
INDUSTRI pertahanan (Inhan) nasional tak jeda menghadirkan kebanggaan. Kabar teranyar di antaranya menyuguhkan galangan kapal swasta nasional, PT Palindo Shipyard Marine. Perusahaan yang bermarkas di Batam tersebut pekan lalu melakukan seremonial starting of steel cutting pembangunan kapal Hidro Oseanografi Ocean Going (BHO).

baca juga: Industri Pertahanan Swasta Aset Strategis Bangsa

Walaupun pengerjaan kapal ini menggandeng perusahaan Abeking & Rasmussen Jerman, terutama untuk pemenuhan peralatan dan teknologi canggih, apa yang disuguhkan Palindo merupakan prestasi membanggakan.

Proyek yang diberikan Kementerian Pertahanan (Kemhan) itu menunjukkan kepercayaan tinggi terhadap Palindo, sekaligus membuktikan kapasitas perusahaan tersebut menggarap kapal canggih sekaligus keberaniannya menerima tantangan lebih besar.

Pembangunan kapal BHO dilakukan untuk memenuhi kebutuhan armada kapal survei dan pemetaan di Tanah Air agar pemetaan ataupun deteksi bawah air bisa dilakukan secara lebih efektif. Sebagai kapal riset, kapal BHO dilengkapi peralatan berteknologi tinggi.

Dibanding kapal perang yang selama ini digarap Palindo, tentu ada perbedaan spesifikasi. Karena itulah, kemampuan Palindo menguasai rancang bangun kapal dan kemampuan berinovasi akan diuji dalam program ini.

Kepercayaan yang diberikan kepada galangan kapal swasta seperti Palindo untuk mengerjakan kapal strategis menjadi pertanda kongkret bahwa pemain industri kapal di Tanah Air kini tidak lagi hanya bertumpu pada PT PAL.

Industri pertahanan swasta nasional, termasuk Palindo dan galangan kapal swasta lain kini menempati posisi strategis dalam konteks industri pertahanan nasional untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI, dan menopang ambisi negeri ini membangun kemandirian pertahanan negara.

Prestasi tak kalah membanggakan juga disuguhkan PT Daya Radar Utama (DRU). Perusahaan asal Lampung tersebut pada 2021 telah diberi kepercayaan Kemhan membangun Kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) dan OPV 90 meter masing-masing sebanyak 1 (satu) unit.

baca juga: Menhan Prabowo Berkomitmen Hapus Budaya Korupsi di Industri Pertahanan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)