Peluang Demokrat Bergabung PDIP, Ini Kata Hasto

Minggu, 10 September 2023 - 05:47 WIB
loading...
Peluang Demokrat Bergabung PDIP, Ini Kata Hasto
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto membuka peluang bagi Partai Demokrat untuk bergabung dalam koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (SekjenPDIP) Hasto Kristiyanto membuka peluang bagi Partai Demokrat untuk bergabung dalam koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Peluang itu juga telah diinisiasi dengan pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), beberapa waktu lalu.

"Sikap politik PDIP kan membangun kerja sama dengan semangat gotong-royong, dan pada waktu yang lalu sudah dilakukan pertemuan antara Mbak Puan dan Mas AHY," Kata Hasto dalam keterangan tertulis, Minggu (10/9/2023).

"Yang pertemuan sangat konstruktif dan kemudian membangun harapan ke depan, apalagi kerja sama sebelumnya juga sudah dilakukan," katanya.



Hasto belum bisa memastikan kapan Partai Demokrat akan masuk barisan partai pendukung Ganjar Pranowo. Yang jelas, kata Hasto, PDIP membuka ruang komunikasi politik dengan siapa pun terkait Pilpres 2024.

"Namun terkait dengan bagaimana prospek kerja sama tentu saja kedua belah pihak harus bertemu dan Ibu Megawati dalam konteks komunikasi politik baik dengan partai-partai seperti Golkar misalnya," katanya.

Untuk diketahui, Partai Demokrat telah resmi mundur dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Langkah politik ini dilakukan setelah deklarasi Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, partainya sudah berkomunikasi halus kepada koalisi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk bergabung ke salah satu koalisi tersebut.

"Dalam level-level tertentu kami sudah ada komunikasi baik dengan pihak Pak Ganjar maupun Pak Prabowo," ungkap Herman saat ditemui di kantor DPP Partai Demokrat, Sabtu (9/9/2023).



Herman mengatakan, jika komunikasi politik yang dilakukan Demokrat sudah berjalan dengan baik kepada koalisi Ganjar atau pun Prabowo. Ke depannya, Herman mengaku keputusan akhir tetap berada di pimpinan partai.

"Alhamdulillah komunikasi baik mudah mudahan ini adalah jalan. Apakah itu ke Pak Ganjar atau Pak Prabowo saya kira itu akan ditentukan oleh petinggi kita," ujarnya.

Herman berharap jika Partai Demokrat sebagai pendatang baru dalam sebuah koalisi bisa mendapatkan pintu yang terbuka dan tidak bisa dipaksakan karena kedua koalisi Ganjar atau pun Prabowo sudah terbentuk.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)