PM Li Qiang Puji Hubungan Indonesia-China Tumbuh Positif

Jum'at, 08 September 2023 - 14:42 WIB
loading...
PM Li Qiang Puji Hubungan Indonesia-China Tumbuh Positif
Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Republik Rakyat Tiongkok RRT Li Qiang. Kunjungan ini digelar di Istana Merdeka, Jumat (8/9/2023) pagi. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Republik Rakyat Tiongkok RRT ( China ), Li Qiang. Kunjungan ini digelar di Istana Merdeka, Jumat (8/9/2023) pagi.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyambut baik kehadiran PM Li Qiang. Kehadiran tersebut, kata Jokowi, sebagai wujud komitmen kuat kemitraan Indonesia dengan RRT.

"Terima kasih atas kehadirannya di indonesia dan pertemuan ini merupakan wujud komitmen kuat kemitraan strategis komprehensif kita. Dan terima kasih yang mulia atas dukungannya terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN untuk menjaga Indo-Pasifik," kata Jokowi dalam pidatonya.



Di kesempatan yang sama, PM Li juga merasa senang dalam kunjungannya ke Indonesia. Dirinya juga gembira menghadiri serangkaian konferensi tingkat tinggi dan kerja sama Asia Timur pada KTT Ke-43 ASEAN beberapa hari lalu.

"Pertama-tama izinkan saya menyampaikan salam hormat dari Presiden Xi Jinping kepada Yang Mulia Bapak Presiden," kata PM Li.

PM Li menilai, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, pembangunan ekonomi, dan sosial terus dimajukan secara baik.

"Bapak Presiden baru saja berhasil memimpin serangkaian KTT dengan Asia Timur di mana Indonesia telah memberikan kontribusi kritis yang baru untuk mempromosikan kemakmuran dan pembangunan di kawasan. Pengaruh Indonesia dalam isu internasional maupun regional pun semakin ditingkatkan. Atas prestasi tersebut saya ucapkan selamat kepada Yang Mulia bapak Presiden dan negara Indonesia," jelas PM Li.

Bahkan menurut PM Li, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi hubungan Indonesia dengan Tiongkok berkembang dengan positif.

"Memang di bawah kepemimpinan strategis Presiden Xi Jinping dan Bapak Presiden hubungan Tiongkok dengan Pemerintah Indonesia menjaga kecenderungan perkembangan yang cukup positif," kata PM Li.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)