HUT ke-78 TNI AL, Dispotmaral Bersihkan Kali Serentak di Seluruh Indonesia

Jum'at, 08 September 2023 - 07:40 WIB
loading...
HUT ke-78 TNI AL, Dispotmaral Bersihkan Kali Serentak di Seluruh Indonesia
Menyambut HUT ke-78 TNI AL, Dinas Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) serentak di seluruh Indonesia. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Dinas Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) menggelar Program Kali Bersih (Prokasih). Kegiatan berupa bersih-bersih sampah ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI AL.

“Kegiatan Prokasih ini dilaksanakan serentak di 78 titik seluruh Indonesia,” ujar Kasubdis Bakti TNI AL Dispotmaral sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Kolonel Marinir Budi Santosa, Jumat (8/9/2023).

Menurut Budi, kegiatan ini diikuti oleh ratusan personel Dispotmaral, Puspomal, dan Pushidrosal menurunkan ratusan personelnya. Termasuk juga warga setempat, siswa siswi SMK Hangtuah, SMAN 72 Jakarta, dan Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (Aman Jaya) serta personel dari Kelurahan Kelapa Gading Barat.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kegiatan tersebut Dispotmaral juga berkolaborasi dengan Tim Corporate Social Responsibility (CSR) HW Group bernama HW Peduli. Dalam kegiatan ini, HW Peduli menyalurkan sejumlah bantuan berupa makanan ringan, air mineral, sarung tangan karet, masker, plastik sampah, dan penjaring sampah.



"Mereka turut bergabung dengan Program Kali Bersih karena sejalan dengan kampanye yang sedang dilaksanakan yakni Bersih Kali Mu, Bersih Pula Hati Mu,” ujarnya.

Budi menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi HW Peduli dalam memperingati Hari Sungai Sedunia yang jatuh pada Hari Minggu keempat September. "Kampanye ini juga merupakan bentuk kepedulian HW Peduli untuk meningkatkan kesadaran masyarkat dalam menjaga keindahan, kebersihan dan keberlangsungan ekosistem yang ada di kali dan sungai agar tidak tercemar sampah," katanya.

Secara gotong-royong, kata Budi, mereka menyisir sepanjang kali untuk memungut sampah yang bertebaran di sungai. Salah satu kali yang menjadi target utama pembersihan adalah Kali Bukit Gading Raya (BGR) di Kelapa Gading Jakarta Utara. "Di masa musim penghujan Kali BGR kerap meluap dan menjadi salah satu penyebab banjir di kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara," ujarnya.

Pembersihan kali yang memiliki lebar 12–15 meter ini dimulai dari pengambilan sampah di pinggiran kali. Sedangkan di kali, pembersihan dilakukan dengan menggunakan perahu karet.

"Sampah diambil dan dimasukkan ke dalam karung plastik, selanjutnya dimuat ke atas kendaraan dinas kebersihan. Dispotmaral dan Tim HW Peduli berharap aksi Prokasih ini dapat menangani permasalahan sampah sungai dan Pengendalian pencemaran di sungai, terutama sampah plastik," ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)