Jokowi Ungkap Keketuaan Indonesia di ASEAN Hasilkan Banyak Hal

Kamis, 07 September 2023 - 20:00 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Keketuaan Indonesia di ASEAN Hasilkan Banyak Hal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan keketuaan Indonesia di ASEAN menghasilkan banyak hal sebagai upaya menjaga perdamaian stabilitas dan menjaga kemakmuran kawasan. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan keketuaan Indonesia di ASEAN menghasilkan banyak hal sebagai upaya menjaga perdamaian stabilitas dan menjaga kemakmuran kawasan. Dia bersyukur KTT ke-43 ASEAN telah terlaksana dengan baik.

"Alhamdullilah KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya telah terlaksana dengan baik dan lancar walaupun dengan situasi sulit," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Kamis (7/9/2023).

"Keketuaan Indonesia menghasilkan banyak hal sebagai upaya menjaga perdamaian stabilitas dan menjaga kemakmuran kawasan," sambungnya.





Bahkan di forum KTT ASEAN ini, kata Jokowi, dirinya menyampaikan langsung kepada para pemimpin perwakilan negara ASEAN untuk tidak menciptakan konflik dan ketegangan baru, guna menjaga perdamaian.

"Di forum memang saya sampaikan setiap pemimpin yang hadir punya tanggung jawab yang besar untuk tidak menciptakan konflik baru untuk tidak menciptakan ketegangan baru," katanya.

"Dan di saat yang sama kita punya tanggung jawab menurunkan tensi yang panas untuk mencairkan suasana yang beku, untuk menciptakan ruang dialog," sambungnya.

Menurut Jokowi, dunia membutuhkan jangkar yang mampu menempatkan diri sebagai penetral dan rumah yang aman. "Dan saya bisa pastikan bahwa sampai saat ini ASEAN telah berada pada track yang benar untuk bisa menjalankan peran tersebut, menjadi kontributor stabilitas dan perdamaian, serta menjadi epicentrum of growth," ucapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)