Sekjen PBB Puji Indonesia Redam Konflik di Myanmar

Kamis, 07 September 2023 - 15:35 WIB
loading...
Sekjen PBB Puji Indonesia Redam Konflik di Myanmar
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengapresiasi peran Indonesia dalam meredam konflik di Myanmar. Foto/Riyan Rizki Roshali
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) Antonio Guterres mengapresiasi peran Indonesia dalam meredam konflik di Myanmar. Hal itu disampaikannya saat konferensi pers dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT ) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (7/9/2023).

“Saya juga sangat menghargai Indonesia sebagai ketua dari ASEAN untuk melibatkan semua pihak dari konflik dialog politik,” katanya.

Dia telah memberikan ultimatum kepada pemerintah Myanmar agar tidak keras kepala dan mendengar aspirasi dari masyarakat. “Saya tegaskan kembali secara umum kepada otoritas militer di Myanmar untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat,” kata dia.





“Myanmar bebaskan semua tahanan politik dan buka pintu untuk kembali ke pemerintahan demokratis,” tuturnya.

Selain Indonesia, dia menilai negara-negara yang tergabung di dalam forum ASEAN juga memiliki peran untuk membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di Myanmar. “PBB mendukung penuh konsensus lima poin ASEAN, dan kami mendukung penuh inisiatif dari kepresidenan ASEAN,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)