Amankan KTT ASEAN, TNI-Polri Siagakan Alutsista

Minggu, 03 September 2023 - 09:53 WIB
loading...
Amankan KTT ASEAN, TNI-Polri Siagakan Alutsista
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Meski penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN berada di tengah kota, TNI dan Polri menyiapkan alutsista baik dari darat, laut, dan udara. Hal ini ditegaskan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

"Termasuk alutsista juga kita siapkan, baik alutsista darat, laut maupun udara. Sehingga walaupun pelaksanaannya di tengah kota namun untuk pengamanan lingkar luar baik dari keamanan laut maupun udara juga kita siapkan alutsista kita," kata Panglima TNI dalam keterangannya yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (3/9/2023).

Panglima TNI mengungkapkan, sekitar 12 ribu pasukan disiagakan untuk mengamankan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43.

"Pasukan pengamanan ini kekuatan 12.543 pasukan. Terdiri dari beberapa satgas, tadi mulai satgas pampelabuhan, pamVVIP, satgas Intel, satgaskomlek, satgas penerangan dan banyak lagi," ucapnya.



Terpisah, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, KTT ASEAN menjadi event yang sangat penting harus disukseskan, diamankan, dan berjalan lancar.

"Sehingga event KTT ASEAN ke 43 ini betul-betul bisa menjaga dan menempatkan Indonesia menjadi negara yang dipandang oleh dunia internasional," jelas Kapolri.

Kapolri menegaskan, pengamanan akan dilakukan mulai dari kedatangan para tamu undangan menuju ke tempat kegiatan inti maupun kegiatan lainnya.

"Sehingga tentunya mulai dari kedatangan sampai dengan akomodasi, dari akomodasi ke venue atau pun kegiatan-kegiatan lain semuanya harus betul-betul kita kawal sehingga bisa berjalan tepat waktu," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)