Polri Kerahkan 6.182 Personel untuk Pengamanan KTT ASEAN ke-43

Jum'at, 01 September 2023 - 10:30 WIB
loading...
Polri Kerahkan 6.182 Personel untuk Pengamanan KTT ASEAN ke-43
Sebanyak 6.182 personel Polri dikerahkan dalam pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada 1-9 September 2023. Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6.182 personel Polri dikerahkan dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta pada 1-9 September 2023. Selain Polri, ribuan personel TNI juga dikerahkan untuk pengamanan kegiatan tersebut.

"Khusus operasi kepolisian, Polri melibatkan sebanyak 6.182 personel dengan dukungan sarpras modern yang terintegrasi melalui Command Center Polri, untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kelancaran mulai dari kedatangan, venue, akomodasi sampai dengan kepulangan delegasi," ungkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Sigit pada Jumat (1/9/2023).

Sigit mengatakan, pengamanan nantinya akan dibagi dalam tiga ring. Ring pertama akan diamankan Paspampres, ring kedua TNI, dan ring ketiga diamankan Polri.

"Pola pengamanan dibagi ke dalam tiga kawasan utama, yaitu kawasan Pusat, Selatan, Timur. Terdapat pembagian tugas pengamanan venue dan akomodasi. Paspampres bertanggung jawab pada ring I, TNI bertanggung jawab pada ring II, dan Polri bertanggung jawab pada ring III serta pengamanan VIP," katanya.

Kapolri meminta jajarannya mengutamakan sinergitas antara institusi dan siap dalam menghadapi berbagai macam ancaman dan dinamika di lapangan selama pelaksanaan KTT Asean ke-43.

Sigit menugaskan jajarannya dapat memahami tugas dan cara bertindak yang telah dipersiapkan.


"Dalam melaksanakan pengamanan tentunya kita akan dihadapkan pada situasi dinamis. Untuk itu, seluruh personel harus selalu waspada dan memiliki sense of crisis terhadap potensi ancaman sekecil apapun mulai dari unjuk rasa, gangguan lalu lintas, serangan siber, sampai dengan situasi kontijensi terorisme dan bencana alam yang mungkin terjadi," pungkas Kapolri.

Sebagaimana diketahui KTT ASEAN ke-43 dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 September 2023. Pasukan TNI dan Polri melakukan Operasi Pengamanan (Pam) VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden, dan tamu negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan dalam KTT tersebut selama 9 hari yakni pada 1-9 September 2023.

KTT ASEAN ke-43 Leader Summit dan ASEAN-Indo-Pacific Forum mengangkat tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)