KPU Tak Masalahkan Diskusi Ganjar, Anies, dan Prabowo dengan BEM UI

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 08:42 WIB
loading...
KPU Tak Masalahkan Diskusi Ganjar, Anies, dan Prabowo dengan BEM UI
KPU tak masalahkan rencana kegiatan diskusi yang akan dilakukan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dengan BEM UI. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mempermasalahkan rencana kegiatan diskusi yang akan dilakukan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI. Hal ini ditegaskan oleh Ketua KPU , Hasyim Asy'ari.

Hasyim berpandangan, berbagai kegiatan sosialisasi dan diskusi yang dilaksanakan oleh ketiga tokoh tersebut tidak dilarang karena memang ketiganya belum resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) di KPU.

"Dalam pandangan saya, Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo, belum siapa-siapa dalam konteks Pemilu Presiden (Pilpres) 2024," ujar Hasyim Asy'ari kepada awak media, Kamis (24/8/2023).



Ia menjelaskan, saat ini belum memasuki tahap pendaftaran Capres-Cawapres di KPU yang akan dimulai pada 19 Oktober-25 November 2023

"Mengapa demikian? Karena pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 belum terjadi, dan akan dilakukan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 nanti bulan Oktober 2023," jelas Hasyim Asy'ari.

Dalam konteks pencalonan, Hasyim menjelaskan, terdapat tiga tahapan, yaitu rekrutmen dan seleksi di internal partai, dan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 oleh partai politik ke KPU (nominasi).

"Seseorang disebut sebagai bakal calon bila orang itu didaftarkan oleh parpol ke KPU, dan seseorang disebut sebagai calon pada saat dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan ditetapkan calon tetap sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden," terangnya.

Saat ini kata Hasyim Asy'ari masih bulan Agustus 2023, belum masuk tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024.

"Jangankan jadi calon, sebagai bakal calon presiden saja belum," tegas Hasyim Asy'ari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)