Raih Top of Mind di Survei Litbang Kompas, Ridwan Kamil Dinilai Miliki Daya Tarik

Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:40 WIB
loading...
Raih Top of Mind di Survei Litbang Kompas, Ridwan Kamil Dinilai Miliki Daya Tarik
Pengamat nilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamail memiliki daya tarik tersendiri sehingga wajar memuncaki elektabilitas di survei Litbang Kompas. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Nyarwi Ahmad menilai, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) memiliki daya tarik tersendiri. Untuk itu, wajar bila RK memuncaki klasemen elektabilitas cawapres versi survei Litbang Kompas.

"Ya tentu sosoknya (RK) juga menarik. Artinya, RK ini punya daya tariklah di kalangan pemilih ya dari aktivitas personal dia, aktivitas official atau kegiatan dia sebagai pejabat gitu ya, tentu ada daya tarik. Tetapi di luar itu kan banyak, saya kira juga banyak kan gubernur yang punya kinerja bagus," kata Nyarwi, Selasa (22/8/2023).

Salah satu daya tarik yakni, RK dianggap memiliki kemampuan dalam mengembangkan model komunikasi politik yang baik ke publik. Salah satu caranya, RK memanfaatkan media sosial dengan baik.



"RK ini termasuk politisi yang melek algoritma sosial media menurut saya, sehingga model strategic social media campaignnya dia jalan cukup bagus gitu. Di situ juga saya lihat RK juga sadar tentang hal-hal apa saja yang menjadi daya tarik atau menjadi isu-isu publik," kata Nyarwi.

Kendati demikian, Nyarwi merasa, konten media sosial RK selalu diwarnai tentang solusi atas isu yang tengah menghangat di jagat maya. "Nah itu bagian dari model marketing politik RK yang saya kira di atas rata-rata dibandingkan para gubernur pada umumnya. Dan itu yang menjadikan RK, katakanlah lebih menonjol dibanding yang lain. Saya lihat juga ini RK punya tim profesional untuk membackup dia, yang menjadikan dia lebih visible, lebih menonjol," tandasnya.



Sekadar informasi, tingkat keterpilihan atau elektabilitas Ridwan Kamil menduduki peringkat pertama sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal ini terpotret dalam survei Litbang Kompas yang dilakukan pada akhir Juli hingga awal Agustus 2023 ini.

Dalam survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas, terlihat bahwa elektabilitas Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu memperoleh angka sebesar 8,4%. Pria yang diakrab Kang Emil ini unggul tipis atas pesaingnya yakni Sandiaga Salahuddin Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu duduk di peringkat kedua dengan perolehan elektabilitas sebesar 8,2%. Disusul Erick Thohir yang memiliki tren kenaikan elektabilitas sebagai Cawapres.

Menteri BUMN itu menduduki peringkat ketiga dengan perolehan elektabilitas sebesar 8,0%. Nama berikutnya, diisi oleh Anies Baswedan sebesar 5,7% dan Ganjar Pranowo sebesar 5,4%.

Sementara, nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati peringkat keenam dengan perolehan elektabilitas sebesar 5,1%. Mahfud MD memperoleh elektabilitas sebesar 3,7% disusul, Basuki Tjahaja Purnama sebesar 2,6%.

Survei ini dilakukan dengan tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023, melibatkan 1.364 responden di 38 Provinsi yang tersebar di 331 Desa/kelurahan di Indonesia. Sementara, margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,65%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)